Cara Sembunyikan WhatsApp Status dari Kontak Tertentu


Naviri Magazine - Pengguna WhatsApp tentu sudah tidak asing dengan fitur Status yang mirip dengan Instagram Stories. Fitur tersebut pun sudah banyak digunakan pengguna WhatsApp sebagai cara memulai komunikasi yang baru.

Fitur Status pada Whatsapp memungkinkan kamu untuk berbagi tampilan teks, foto, video, dan GIF, yang akan hilang setelah 24 jam. Kamu juga bisa menyisipkan link atau tautan yang bisa dibuka dengan menekannya. Beda dengan IG Stories, fitur WhatsApp Status belum menyediakan gestur swipe.

Pengguna lain yang ingin melihat status yang kamu buat ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu kamu dan kontak orang lain harus menyimpan nomor telepon masing-masing di buku alamat telepon. Dengan begitu masing-masing bisa melihat status di WhatsApp mereka. 

Tapi menyangkut soal privasi, kamu dapat memilih untuk membagikan pembaruan status dengan semua kontak atau dengan kontak tertentu saja. Secara default, pembaruan status akan dibagikan dengan semua kontak.

Jika khawatir tentang siapa yang dapat melihat status yang kamu buat, ada cara praktis untuk menyiasatinya. Kamu dapat memilih untuk menyembunyikan kontak tertentu yang bisa kamu pilih. Begini caranya.

Begini caranya sembunyikan WhatsApp Status dari kontak tertentu yang tidak diinginkan.

1. Buka aplikasi WhatsApp

Buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu, baik Android maupun iPhone. Pengaturan sembunyikan WhatsApp Status hanya bisa dilakukan di smartphone, tidak di WhatsApp Web maupun Desktop.

2. Pilih tab Status

Selanjutnya, tekan tab Status dan pilih more dengan menekan tombol ikon tiga titik vertikal di kanan atas layar.

3. Atur privasi WhatsApp Status

Kemudian, kamu pilih "Status Privacy". Di halaman ini terdapat tiga pilihan: "My contact" untuk menampilkan status ke semua kontak; "My contact except..." untuk menyembunyikan kontak tertentu; "Only share with..." menampilkan status untuk kontak yang dipilih, mirip seperti fitur Close friend di Instagram Stories.

4. Sembunyikan WhatsApp dari kontak tertentu

Kamu bisa pilih "My contact except...". Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih nomor kontak yang tidak boleh melihat status. Setelah selesai tekan ikon centang hijau, dan tekan "Done".

WhatsApp juga telah mengembangkan pengaturan privasi baru untuk status Last Seen, foto profil, dan bio yang nantikan bisa disembunyikan dari kontak tertentu. Fitur ini sedang dalam tahap uji coba dan akan segera rilis untuk seluruh pengguna WhatsApp beberapa waktu mendatang.

Related

Tips 5082128220717931124

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item