Kisah Skandal Bill Clinton dan Monica Lewinsky yang Pernah Menggegerkan Dunia


Naviri Magazine - Reputasi Bill Clinton yang cemerlang akhirnya jatuh oleh perempuan. Semua pasti ingat kasus menghebohkan itu, yang nyaris membuat Clinton tumbang dari kursi kepresidenan. Wanita muda yang menggoyahkan iman Clinton adalah Monica Lewinsky, 22 tahun, pegawai magang Gedung Putih.

Kasus ini langsung menyebar dan menggegerkan, bukan hanya Gedung Putih, tapi bahkan dunia. Maklum saja, Clinton adalah Presiden Negara adi kuasa. Hasil penyelidikan akhirnya mengarahkan digelarnya sidang Impeachment tahun 1998 oleh House of Representative AS, namun Clinton berhasil lolos.

Pada tahun 1995, Monica Lewinsky, lulusan dari Lewis & Clark College, dipekerjakan sebagai magang di Gedung Putih pada masa jabatan pertama Clinton, dan memulai hubungan pribadi dengan dia tahun itu. 

Hubungan itu terus berlanjut sampat Lewinsky pindah bekerja di Pentagon. Kasus ini terbongkar karena curhatnya pada teman kerjanya di Pentagon, Linda Tripp, yang diam-diam ternyata merekam percakapan telepon mereka.

Rekaman Tripp ini jadi bukti ketika Lewinsky menandatangani surat pernyataan dalam kasus Paula Jones yang menyangkal hubungannya dengan Clinton. Tripp menyerahkan bukti kaset rekaman itu pada Kenneth Starr, Independent Counsel yang sedang menyelidiki sejumlah kasus yang melibatkan Clinton, termasuk skandal Whitewater, Filegate, dan Travelgate.

Pemberitaan kasus ini secara besar-besaran oleh pers mengundang kritik yang ditujukan ke pers yang dianggap terlalu mem-blow up, membesar-besarkan. Sebutan skandal ini pun bermacam-macam, antara lain; ‘Monicagate’, ‘Lewinskygate’, ‘Tailgate’, ‘Sexgate’, dan ‘Zippergate’. 

Sebutan ‘gate’ di belakang nama kecil pelaku/subjek memang selalu populer dari masa ke masa.

Related

International 7311395491550446626

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item