Langkah-langkah Mencapai 100 Juta Pertama Sebelum Usia 30 Tahun


Naviri Magazine - Salah satu mimpi generasi milenial adalah memiliki 100 juta pertama sebelum usia 30 tahun. Bukan hal yang mustahil, asal kita menerapkan cara-cara di bawah ini secara konsisten. 

Media sosial pernah heboh tentang capaian ideal usia 25 tahun adalah memiliki tabungan 100 juta. Tentu “capaian ideal” tersebut menarik perhatian masyarakat, termasuk generasi milenial. Sehingga terlintas di pikiran: bagaimana cara mencapai 100 juta pertama sebelum 30 tahun? 

Sayangnya, memiliki tabungan 100 juta sebelum 30 tahun terasa sulit bagi yang gajinya pas-pasan. Belum lagi, buat yang sudah memasuki usia 25 tahun, tentu mencapai 100 juta pertama kurang dari lima tahun terasa sangat mustahil. Apakah kamu merasakan hal tersebut?

Jangan patah semangat! Sebab, ada 6 cara mencapai 100 juta pertama sebelum 30 tahun yang bisa kita coba terapkan mulai dari sekarang. 

Ubah mindset

Cara pertama untuk mencapai 100 juta pertama adalah mengubah mindset. Kalau sebelumnya kita merasa mustahil mencapainya karena alasan gaji pas-pasan, sekarang cobalah berpikir: mencapai 100 juta adalah hal mudah, selama ada niat dan kemauan.

Memang terdengar sepele, namun dari mindset yang lebih positif, secara tidak langsung akan mendorong kita untuk lebih baik. Jadi, coba terapkan cara pertama ini dulu, ya!

Tentukan target atau goals

Setelah mengubah mindset, cara selanjutnya adalah menentukan target atau goals. Di kasus ini, sudah jelas goals-nya adalah “mencapai 100 juta pertama”. Tapi dalam kurun waktu berapa lama?

Apakah tepat di usia 30 tahun, atau justru sebelumnya? Dengan menentukan target yang jelas, akan membantu kita menemukan cara-cara terbaik guna mewujudkan goals yang telah disusun.

Catat pemasukan dan pengeluaran

Apakah kamu termasuk malas mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulan? Mulai sekarang hilangkan kebiasaan malas, dan mulailah mencatat pemasukan dan pengeluaran secara rutin. Mengapa?

Rajin membuat catatan pemasukan dan pengeluaran akan membantu kita mengontrol keuangan setiap bulan. Selain itu, cara ini juga akan membantu kita mencegah uang “bocor” yang bikin boros.

Sisihkan bukan sisakan

Cara selanjutnya untuk mencapai 100 juta pertama sebelum 30 tahun adalah menerapkan “sisihkan bukan sisakan”. Artinya, kita harus mulai menyisihkan uang gajian sejak awal, bukan dengan menabung dengan sisa gaji.

Memang tidak salah menabung dengan sisa uang gaji. Namun, hal ini justru akan membuat kita lebih sulit mencapai 100 juta pertama, karena jumlahnya bisa tidak menentu.

Sebaliknya, menyisihkan uang gaji untuk ditabung sejak awal akan “memaksa” kita menabung dengan jumlah tetap dan konsisten. Jadi, tujuan keuangan dapat tercapai dengan cepat.

Cari pemasukan tambahan

Ingin mencapai 100 juta pertama lebih cepat, tapi kurang yakin karena pemasukan setiap bulan pas-pasan? Jangan langsung patah semangat, karena selama ada kemauan pasti ada jalan. Salah satu jalan yang bisa dipilih adalah mencari pemasukan tambahan.

Mencari pemasukan tidak harus dari modal yang besar. Ada bisnis modal kecil untuk pemula yang bisa dipilih. Seperti dropshipper, reseller, atau menjual pakaian dan koleksi pribadi yang tidak digunakan.

Mulai investasi

Satu lagi cara mencapai 100 juta pertama sebelum 30 tahun adalah investasi. Ibaratnya, investasi akan membuat uang yang kita tanam tumbuh dengan sendirinya. Lalu, apa bedanya menabung dan investasi?

Ibaratnya, kalau sekarang kita memiliki modal tabungan Rp10 juta, maka harus menabung sekitar Rp1.875.000/bulan untuk mencapai 100 juta dalam 4 tahun ke depan.

Sementara itu, apabila kita memiliki modal tabungan Rp10 juta, dan menginvestasikannya ke dalam instrumen investasi yang memberikan keuntungan 10%/tahun, kita hanya perlu menabung sebesar Rp1.550.000/bulan. Menarik, kan?

Hanya saja, pastikan kita memilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan dan risiko investasinya. 

Itulah beberapa cara mencapai Rp100 juta pertama yang bisa mulai coba kita lakukan. Tetap semangat dan semoga impianmu cepat tercapai, ya!

Related

Tips 3812397149706990647

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item