Untuk Pria, Ini 6 Makanan yang Meningkatkan Jumlah dan Kualitas Sperma


Naviri Magazine - Untuk tujuan reproduksi, jumlah dan kualitas sperma sangat perlu diperhatikan, karena melalui sperma itulah pembuahan akan dilakukan. Jumlah sperma yang kurang, atau kualitas sperma yang buruk, bisa menggagalkan proses pembuahan.

Untuk mendapatkan jumlah dan kualitas sperma yang optimal, Anda bisa mengonsumsi minyak ikan, vitamin C, dan vitamin B12, yang memiliki dampak positif pada kesuburan pria. Selain itu, menghindari kebiasaan semacam merokok dan mengonsumsi alkohol juga perlu dilakukan. 

Alkohol mempengaruhi hati Anda untuk meningkatkan tingkat estrogen, sementara merokok membuat pembuluh darah menyempit, dan menyebabkan kurangnya aliran darah ke testis. Bahkan kopi pun perlu diwaspadai, karena kandungan kafein di dalamnya disinyalir dapat menurunkan produksi sperma.

Jika Anda menginginkan kualitas dan kuantitas sperma yang bagus, Anda perlu rajin berolahraga, menghindari konsumsi makanan yang buruk, dan sebaliknya mengonsumsi makanan-makanan yang mendukung. Berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Kenari

Dalam suatu penelitian, sebanyak 117 pria sehat dikumpulkan, dan sebagian dari mereka diberi kacang kenari. Setelah 12 minggu, pria-pria yang mengonsumsi kacang kenari terbukti memiliki pergerakan sperma yang lebih baik.

Sayuran hijau

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menyebutkan bahwa pria yang menjauhi folat—nutrisi dalam sayuran hijau dan buah—mengalami penurunan jumlah sperma dan kesalahan jumlah kromosom. Padahal jumlah kromosom yang terlalu sedikit atau berlebihan bisa memicu penyakit Down’s syndrome. Sementara sperma dengan masalah kromosom lainnya juga biasanya menyebabkan ketidaksuburan.

Berdasarkan penelitian itu, kita bisa melihat pentingnya folat yang terkandung dalam sayuran hijau untuk mendukung kualitas sperma.

Maca

Maca adalah tanaman asal Peru, yang telah terbukti  mampu meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma. Maca memiliki bentuk seperti umbi, dan dipercaya memiliki khasiat seperti obat kuat, namun lebih alami. Selain itu, maca juga bisa dikonsumsi pria maupun wanita, untuk tujuan meningkatkan kualitas kehidupan seksual dalam jangka panjang.

Zinc

Zinc sangat penting dalam produksi sperma. Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi zinc dalam jumlah cukup dapat meningkatkan jumlah sperma secara signifikan. Zinc sebenarnya terdapat dalam air mani, dan pria kehilangan banyak zinc ketika mereka ejakulasi. Karena itulah penting bagi pria untuk menggantinya secepat mungkin.

Makanan yang banyak mengandung zinc di antaranya tiram, kerang, gandum, kacang pinus, kacang kemiri, telur, kacang mete, ikan, dan hati.

Vitamin E

Tidak hanya mampu meningkatkan produksi sperma, vitamin E juga mampu meningkatkan jumlah sperma hidup. Antioksidan yang terkandung di dalam vitamin E membantu menjadikan sperma lebih subur. Makanan yang mengandung vitamin E dalam jumlah banyak di antaranya alpukat, telur, kacang tanah, ubi jalar, apel, dan minyak jagung.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari telah lama dipercaya sebagai makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pria. Direkomendasikan agar pria mengonsumsi 1/4 cangkir biji bunga matahari mentah setiap hari, untuk membantu menghasilkan lebih banyak sperma yang berkualitas.

Related

Health 5446400149266069719

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item