5 Cara agar Kembali Bertekad Kuat Saat Merasa Ingin Menyerah


Naviri Magazine - Stres merupakan hal yang normal saat kita menjalani hidup ini. Entah itu mungkin dalam urusan rumah tangga, pekerjaan, atau mungkin pendidikan.

Daripada menyerah dan memilih untuk menunggu sampai semua stres itu hilang, berikut ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan untuk membantu kalian agar tetap memiliki tekad yang kuat.

1. Temukan apa yang memotivasi

Sangat sulit untuk terus melangkah maju jika kalian tidak tahu mengapa kalian melakukannya. Tanyakan pada diri kalian apa yang sebenarnya memotivasi kalian untuk bangun di pagi hari.

Apakah kalian melakukannya demi keluarga kalian? Apakah kalian memiliki passion untuk sesuatu yang kalian sukai? Apakah kalian ingin melakukan sesuatu untuk sekitar kalian?

2. Singkirkan ekspektasi  

Ketika kalian memiliki ekspektasi, suasana hati dan reaksi kalian didasarkan pada tindakan eksternal. Ketika tindakan eksternal tidak sesuai dengan hasil yang kalian inginkan, hal itu bisa membuat kalian marah, sedih, kecewa, dan berbagai emosi negatif lainnya. Itu bisa sangat merugikan terutama jika kalian merasa tidak ada yang berjalan sesuai keinginan kalian.

Untuk bisa mencapai tujuan kalian, kalian harus menyingkirkan ekspektasi yang kalian punya. Ingat, tidak semua yang kalian ingin tahu atau ingin lakukan akan sama dengan orang lain. Kalian bisa saja berbagi ide yang luar biasa dengan keluarga atau teman kalian tapi mereka bisa saja tidak setuju atau tidak menyukainya.

Berhenti mencari validasi dari orang lain. Berhenti berharap dari orang lain. Kalian sendiri yang akan hancur jika mereka tidak memberikan reaksi sesuai yang kalian harapkan.

3. Buat perencanaan

Pernah mendengar pepatah "Roma tidak dibangun dalam sehari?" Apapun yang ingin kalian capai dalam hidup kalian juga sama seperti itu, hal-hal itu tidak akan terjadi begitu saja secara ajaib dalam satu hari. Butuh banyak waktu serta perencanaan untuk melakukan semuanya.

Cara yang baik untuk bisa tetap teguh dalam perjalanan menuju impian kalian adalah dengan memecah tujuan besar kalian menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Melihat kembali hal-hal kecil yang berhasil kalian lakukan itu akan mengingatkan kalian sudah seberapa jauh kalian telah berkembang. Ingat, sedikit kemajuan setiap hari akan menjadi banyak pada akhirnya.

4. Berbuat baik pada orang lain

Merayakan kebahagiaan orang lain terkadang dapat menyegarkan kembali upaya diri sendiri karena suasana hati akan didorong oleh kegembiraan mereka. Hubungi dan tanyakan kabar mereka dan beri mereka dorongan dan dukungan.

Jika orang terdekat kalian baru saja meraih sebuah prestasi, berikan mereka selamat. Menyebarkan kebaikan dan kegembiraan adalah hal gratis dan tidak membutuhkan waktu lama, tetapi hal itu benar-benar akan membuat hari orang lain menjadi menyenangkan.

5. Luangkan waktu untuk mengatur ulang semuanya

Terkadang merasa gagal hanya berarti jika kalian perlu waktu istirahat. Tidak berarti kalian harus bekerja lebih keras dari sebelumnya.

Tidak apa-apa untuk istirahat dan mengatur ulang semuanya. Luangkan waktu yang kalian butuhkan untuk beristirahat agar dapat segar kembali sehingga kalian dapat mencapai tujuan kalian lagi.

Gak susah, kan? Daripada langsung menyerah, lebih baik coba untuk menguatkan diri agar tekad yang dipunya semakin kuat sehingga kalian bisa meraih mimpi yang kalian punya!

Related

Tips 3638464365161497636

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item