Ini 4 Jenis Doping yang Dilarang Digunakan di Dunia Olahraga


Naviri Magazine - Doping merupakan zat yang dilarang dalam dunia olahraga. Terdapat sejumlah jenis doping yang dilarang digunakan oleh atlet.

Doping adalah obat-obatan atau zat kimia yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh seseorang. Doping tak boleh digunakan lantaran dapat meningkatkan performa atlet saat bertanding. Hal ini dianggap tidak adil bagi atlet yang bertanding dan tidak menjunjung nilai sportivitas.

Dalam jangka panjang, penggunaan doping juga berdampak buruk bagi tubuh. Studi menunjukkan doping dapat menyebabkan ketergantungan, merusak saraf dan organ, serta lebih rentan terserang penyakit.

Berikut jenis doping yang dilarang digunakan:

1. Narkotika

Dikutip dari Brahman and College, narkotika merupakan zat yang umumnya digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa sakit. Beberapa jenis narkotika seperti morfin dan metadon. Narkotika dapat digunakan dengan cara ditelan atau disuntikkan ke aliran darah, otot, atau di bawah kulit.

2. Steroid

Steroid adalah kelompok senyawa kuat yang terkait dengan hormon testosteron. Obat steroid berguna untuk memacu hormon, mengurangi peradangan, pembengkakan dan nyeri. Steroid juga dapat digunakan untuk membangun massa otot.

Penggunaan obat steroid secara umum boleh digunakan pada kondisi medis tertentu dan dengan resep dokter. Akan tetapi, pemakaian steroid pada atlet dilarang. Oleh karena itu, atlet mesti hati-hati dan menghindari mengonsumsi obat yang mengandung steroid.

3. Doping darah

Doping darah termasuk jenis doping dengan intensitas yang sangat tinggi. Doping ini digunakan untuk meningkatkan massa sel darah merah sehingga memberikan lebih banyak oksigen ke otot. Doping darah biasanya digunakan dengan cara menyimpan sel darah merah di tempat yang dingin, lalu diinfuskan kembali ke tubuh.

4. Kreatin

Kreatin sebenarnya merupakan senyawa yang juga dibuat oleh tubuh. Namun, penggunaan zat kreatin tambahan dilarang dalam dunia olahraga karena dinilai dapat membantu memberikan energi tambahan untuk otot, meningkatkan volume otot, dan meningkatkan sintesis protein.

Related

Sports 4133440229552222397

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item