Inilah Film-film dengan Twist Ending yang Bikin Shock Penonton


Naviri Magazine - Secara umum, film memiliki dua macam ending atau akhir cerita. Yang pertama adalah happy ending, atau akhir yang bahagia, sementara yang kedua adalah sad ending atau akhir yang sedih. Namun, di antara keduanya, ada jenis ending lain, yang disebut twist ending atau ending yang memutar. 

Sebenarnya, twist ending juga bisa happy ending atau sad ending. Namun, twist ending menyuguhkan akhir kisah yang di luar bayangan penonton. Karenanya, twist ending kerap membuat penonton terkejut atau bahkan shock, karena sama sekali tidak mengira. Sesuai namanya, twist bisa diartikan membelok atau memutar, dan yang diputar atau dibelokkan adalah persepsi penonton.
 
Film dengan twist ending mempunyai kekuatan di akhir cerita, atau ending yang punya kejutan tak terduga dan tidak bisa ditebak, sehingga yang diprediksi penonton menjadi salah. 

Emosi penonton pun akan dipengaruhi, hingga mereka akan merasa perlu mengingat atau mengevaluasi kembali cerita film tersebut. Berikut ini adalah film-film yang memiliki twist ending yang sangat mengejutkan.

1. The Others (2001)

Film yang masuk dalam genre horor gothik supranatural ini disutradarai oleh Alejandro Amenabar, dan dibintangi oleh aktris cantik Nicole Kidman.

Mengisahkan seorang ibu single parent bernama Grace, yang diperankan Nicole kidman, tinggal di sebuah rumah keluarga bersama dua anak dan pembantu. Grace merasa rumah yang dihuninya berhantu, karena sering kali dia dan keluarganya mendengar suara-suara aneh dan melihat benda-benda seperti kursi yang bergerak sendiri.

2. Shutter Island (2010)

Film ini termasuk dalam genre film horrr thriller, dan disutradarai oleh Martin Scorsese, serta dibintangi oleh aktor Leonardo DiCaprio.

Film ini menceritakan seorang detektif bernama Edward "Teddy" Daniels, yang mempunyai tugas mencari seorang napi yang hilang bernama Rachel Solando, di sebuah rumah sakit jiwa yang berada di pulau terpencil, yang hanya bisa ditempuh melalui kapal laut.

Di sepanjang film, kita akan menyaksikan pemandangan suram dan banyak adegan membingungkan yang berasal dari masa lalu Teddy, dan hal-hal yang berkaitan dengan kejadian misterius terkait pasien di rumah sakit jiwa tersebut.

3. The Sixth Sense (1999)

Termasuk dalam genre film horor thriller mencekam, dan disutradarai oleh M. Night Shyamalan, serta dibintangi oleh aktor gaek Bruce Willis.

Film ini menceritakan seorang psikolog anak bernama Dr. Malcolm Crowe (Bruce Willis) yang mempunyai pasien anak bernama Cole Sear (Haley Joel Osment). Cole Sear adalah anak yang sangat tertutup, dan tidak mempunyai kawan, tapi kemudian Dr. Malcolm mengetahui bahwa ternyata Cole adalah anak yang mempunyai indera ke-6, sehingga bisa melihat mahkluk tak kasatmata atau hantu.

Walaupun mempunyai alur cerita yang cenderung lambat, film ini sangat menegangkan, terutama dengan banyaknya penampakan hantu-hantu berpenampilan seram yang dilihat oleh Cole.

4. Hello Ghost (2010)

Hello Ghost termasuk film ber-genre drama komedi melankolis ala Korea, dan disutradarai oleh Young-Tak Kim, serta dibintangi oleh aktor Tae-hyun Cha.

Film ini menceritakan pemuda bernama Kang Sang Man yang diperankan oleh Tae-hyun Cha, yang punya kehidupan sengsara, menjalani hidup sendiri, dan tentunya selalu kesepian, tanpa kekasih bahkan keluarga. Sampai akhirnya, Kang Sang Man memutuskan untuk melakukan bunuh diri, namun gagal. Setelah itu, Kang Sang Man mempunyai kemampuan bisa melihat hantu.

Sepanjang film, kita akan disuguhi berbagai komedi yang akan mengocok perut. Banyak scene yang menceritakan interaksi Kang dengan hantu-hantu, namun itu tidak menyeramkan, dan malah mengundang tawa. Siapa sangka, ternyata ending film ini bisa membuat menangis.

5. Secret Window (2004)

Ini adalah film thriller psikologi garapan sutradara terkenal Stephen King, yang dibintangi oleh aktor film kenamaan, Johnny Deep.

Di film Secret Window, Johnny Deep berperan sebagai Mort Rainey, seorang penulis novel misteri yang tengah mengalami depresi pasca perceraiannya dengan sang istri, bernama Amy. Di tengah depresi yang memuncak, Mort Rainey malah dituduh menjiplak hasil karya penulis lain.

John Shooter adalah orang yang menuduh Mort menjiplak karyanya, dan Mort tidak terima tuduhan itu. Di sinilah konflik dimulai. Shooter melampiaskan kemarahannya dengan cara melakukan teror kepada Mort.

6. The Orphanage (2007)

Film asal Spanyol ini termasuk dalam genre film horor thriller psikologi, disutradarai oleh J. A Bayona, dan dibintangi oleh aktris Belen Rueda.

The Orphanage menceritakan seorang wanita bernama Laura, yang diperankan oleh Belen Rueda. Ia hidup bersama suaminya, Carlos, dan anak angkatnya yang berumur tujuh tahun, bernama Simon. Mereka pergi mengunjungi panti asuhan tempat Laura dulu tinggal. Di masa lalu, Laura adalah anak dari panti asuhan, yang kemudian diadopsi oleh pasangan suami istri.

Dan sekarang Laura ingin kembali ke tempat itu, untuk merawat dan menjadikan panti asuhan tempat dia tinggal dulu, yang sekarang terbengkalai, guna menjadi tempat penampungan anak disabilitas. Di sinilah kisah menegangkan dimulai.

Related

Film 8871238686254251621

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item