Kecemasan dan Kegelisahan Bisa Berbahaya bagi Kesehatan, Ini Cara Mengatasinya


Naviri Magazine - Mengidentifikasi kecemasan macam apa yang Anda hadapi bisa agak menantang karena bagaimana tubuh seseorang bereaksi terhadap bahaya yang dirasakan bisa sangat berbeda dibandingkan dengan orang lain.

Kemungkinan Anda mendengar kecemasan sebagai istilah umum untuk perasaan khawatir, gugup, atau gelisah yang umum itu. Sering kali perasaan tumbuh sebagai respons terhadap acara mendatang yang memiliki hasil yang tidak pasti.

Setiap orang berurusan dengan itu pada satu waktu atau yang lain, karena itu adalah bagian dari respons otak kita terhadap bahaya yang dirasakan – bahkan jika bahaya itu tidak nyata.

Yang mengatakan, kecemasan bisa menjadi serius dan berubah menjadi serangan kecemasan yang awalnya terasa dapat dikendalikan dan kemudian secara bertahap membangun selama beberapa jam. (Ini berbeda dari serangan panik, yang tiba-tiba mereda.)

Tanda-tanda serangan kecemasan dan kegelisahan

Ini adalah beberapa gejala kecemasan fisik dan mental yang lebih umum: perasaan bahaya, panik, atau takut, gugup atau gelisah, detak jantung yang cepat, berkeringat, gemetar atau kedinginan, kelelahan atau kelemahan, masalah pencernaan, kesulitan fokus, dan hiperventilasi.

Mungkin juga untuk mengalami kecemasan dan serangan panik secara bersamaan. Strategi mengatasi cepat yang disebutkan di atas juga dapat membantu dengan serangan panik.

Strategi sadar lainnya untuk mengatasi serangan panik termasuk fokus pada objek, mengulang mantra, menutup mata, dan pergi ke tempat bahagia Anda.

Gejala serangan panik: takut mati, merasa seperti Anda kehilangan kendali, rasa terlepas, jantung berdebar-debar, sesak napas, nyeri dada atau sesak, mual, merasa pusing atau pusing, mati rasa atau kesemutan di ekstremitas Anda, dan merasa panas atau dingin.

Apa yang menyebabkan kecemasan dan kegelisahan?

Jika Anda memperhatikan bahwa kiat cepat belum berfungsi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional. Terutama jika Anda yakin Anda menderita GAD (gangguan kecemasan) dan mengganggu aktivitas rutin dan menyebabkan gejala fisik. 

Seorang profesional kesehatan mental dapat membantu merampingkan proses mengidentifikasi pemicu Anda, mempertahankan strategi jangka panjang melalui terapi perilaku, obat-obatan, dan banyak lagi.

Misalnya, jika rasa cemas berasal dari trauma yang Anda alami di masa lalu, akan sangat membantu untuk mengatasinya dengan terapis berlisensi. Di sisi lain, jika cara kerja kimia otak Anda membuat Anda cemas, Anda mungkin perlu minum obat untuk mengatasinya.

Kecemasan mungkin selalu menjadi bagian dari hidup Anda, tetapi itu tidak boleh menyalip Anda sehari-hari. Bahkan gangguan kecemasan yang paling ekstrem dapat diobati sehingga gejalanya tidak berlebihan. Setelah Anda menemukan perawatan apa yang paling cocok untuk Anda, hidup akan jauh lebih menyenangkan dan tidak terlalu menakutkan.

Related

Tips 1034055438758010990

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item