Kiat-kiat Sederhana tapi Penting untuk Menjaga Kesehatan Mata


Naviri Magazine - Banyak orang sering meremehkan nilai mata dan tidak merawatnya dengan benar. Akibatnya muncul berbagai masalah seperti glaukoma dan katarak.

Kita harus menjaga mata dan melakukan pemeriksaan setiap enam bulan untuk melihat semuanya baik-baik saja. Berikut tips mendapatkan kesehatan mata yang optimal, seperti dilansir dari PinkVilla.

Diet sehat

Pastikan menjalani pola makan sehat setiap hari. Sertakan protein, sayuran, antioksidan, buah-buahan dalam menu makan. Ikan berlemak seperti salmon mengandung omega-3 yang meningkatkan kesehatan mata.

Mata gatal

Kita sering menggosok mata untuk menghilangkan rasa gatal sementara. Tapi, itu sebenarnya merusak mata karena sangat sensitif dan memperburuk infeksi. Jadi, cukup mengoleskan kain lembab dan bersih pada mata gatal selama beberapa waktu. 

Jika perlu, konsultasikan dengan dokter mata untuk mendapatkan obat tetes untuk masalah ini.

Untuk lensa kontak

Jika memakai lensa kontak, cuci tangan sebelum memakai lensa atau mengeluarkannya karena mungkin ada bakteri di telapak tangan yang dapat menyebabkan masalah serius pada mata. Jadi, selalu jaga kebersihan tangan.

Olahraga setiap hari

Olahraga teratur mengeluarkan racun dari mata dan menjaganya tetap sehat. Ini juga mengurangi risiko masalah mata yang umum.

Aman dari sinar matahari

Saat keluar rumah, kenakan selalu kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. Tetapi, Anda harus memiliki kacamata hitam berkualitas baik dari optik yang tepat.

Terhidrasi

Minumlah lebih banyak air untuk menjaga mata tetap terhidrasi dan mengurangi risiko penyakit mata.

Batasi paparan ke layar

Batasi paparan mata ke layar. Terus-menerus duduk di depan komputer, ponsel, laptop, bisa membuat mata kering. Jadi, selalu jaga jarak dengan layar.

Related

Tips 3151709301302623046

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item