Tak Bisa Dihindari, Ini 5 Pengeluaran yang Harus Disiapkan Jika Punya Mobil


Naviri Magazine - Panas gak kepanasan, hujan gak kehujanan. Dua hal tersebut setidaknya menjadi keuntungan jika kamu memiliki mobil. Enak, kan? Namun jika kamu butuh waktu singkat untuk mencapai suatu tempat dan keadaannya lagi macet, kamu harus bersabar. Semua hal tentu ada plus minusnya, kan. 

Sebelum memutuskan membelinya, simak biaya ekstra yang harus kamu tanggung. Coba cek, kamu gak bisa menghindarinya, ya!

1. Bahan bakar yang lebih banyak

Tentu karena kapasitas dan tenaga yang diperlukan lebih besar, sudah hal yang pasti jika konsumsi bahan bakarnya berbeda dengan kendaraan kecil lainnya. Kamu sudah siap? 

Jika sebelumnya kamu mengendarai motor atau kendaraan umum, mungkin yang dikeluarkan gak sebanyak dari total bahan bakar mobilmu. Terlebih jika cc-nya besar, bahan bakar yang diperlukan juga semakin boros.

2. Parkir lebih mahal

Pakai kendaraan umum gak perlu bayar parkir, kalau naik motor parkirnya tentu lebih murah. Di sebuah mall di kota besar, biaya parkirnya sekitar Rp10 ribu sekali masuk, coba dikalikan jika kamu dikit-dikit ke mall. 

Belum lagi parkir di tempat lain seperti minimarket, ATM, atau cafe. Coba hitung dulu, ya. Terus kalau sedang berkunjung ke gedung yang parkirnya progresif, wah bisa membengkak nih tarif parkirnya.

3. Servis rutin

Sebenarnya, semua kendaraan pun juga perlu diservis secara rutin. Namun lagi-lagi kalau mobil akan mengeluarkan biaya yang gak sedikit. 

Misalnya kamu pengin menekan biaya servis yang lebih murah, bisa jadi berpengaruh ke performa mobil kamu dan justru ngeluarin biaya lebih banyak nantinya. Hitung dengan cermat ya biaya servis yang wajib kamu bayarkan.

4. Pajak tahunan

Semakin baru tahun keluaran mobil, pajaknya juga semakin besar. Jenis mobil juga mempengaruhi besaran pajak yang harus kamu bayarkan. 

Jika sehari-hari kamu harus berkutat dengan biaya parkir dan bahan bakar, setiap tahunnya kamu perlu bersiap untuk servis tahunan dan bayar pajak. Sebagai pilihan, kamu bisa membeli mobil bekas berkualitas dan pajak yang masih murah.

5. Pajak lima tahunan

Bahan bakar sudah, parkir sudah, pajak tahunan sudah, eits kamu belum bisa tenang. Setiap lima tahun sekali kamu wajib membayar pajak berkala ini. Jumlah yang dibayarkan jauh lebih besar daripada pajak yang kamu bayarkan setiap tahunnya. Kalau kamu sudah mempertimbangkan dan menyiapkan dananya, berarti kamu sudah siap.

Semua kendaraan juga sama dengan kepemilikan mobil, namun hal-hal di atas menelan biaya yang gak sedikit. Jadi jangan hanya mikirin enaknya aja, ada beban yang harus kamu tanggung di belakangnya. Sudah siap?

Related

Automotive 2327184129438477781

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item