Viral Mobil Google Street View Dianggap Melanggar Privasi, Begini Kata Warga DKI


Naviri Magazine - Protes seorang netizen, yang merasa privasinya terganggu karena rumahnya terekam mobil Google Street View, viral di media sosial. Mobil tersebut merekam jalanan yang dilewatinya untuk pemetaan di Google Street View dan Google Maps.

Beberapa warga Jakarta umumnya tak keberatan dengan kegiatan mobil Google Street View.

Tino, seorang warga di Palmerah, Jakarta Barat mengatakan dia justru tidak mengetahui mobil tersebut digunakan untuk pemetaan Google Street View dan Google Maps. “Sering lihat kalau di jalan, tapi baru tahu itu mobil buat bikin Google Maps, kirain ya mobil apaan gitu,” ujarnya.

Warga Kebayoran, Jakarta Selatan, bernama Adel menyatakan tidak masalah jika kompleks rumahnya pernah dilewati dan direkam oleh mobil Google Street View. Menurut Adel, kegiatan yang dilakukan mobil itu untuk keperluan penunjuk rute jalan.

“Dia lewat doang kan karena buat ngerekam jalan di maps, kalau mobil atau motor Google Maps nggak jalan-jalan gitu emang kita bakal ngerti maps, lagi itu ngebantu buat nyari jalan kan biar nggak nyasar,” kata Adel.

Pendapat serupa juga dilontarkan Rahmat, warga Kemanggisan, Jakarta Barat. Meski diakuinya perekaman jalan dan depan rumahnya oleh mobil Google itu sebenarnya melanggar privasi, dia tak mau mempermasalahkannya.  

“Ya mungkin melanggar privasi, tapi ya mau gimana, orang rumah saya sendiri di Google Maps aja udah ada,” ujar Rahmat.

Rahmat tidak mengetahui kapan foto tampak depan rumahnya itu direkam oleh Google Street View, dan dia tidak mendapatkan perizinan apapun. “Saya iseng aja cek di Google Maps ternyata ada rumah saya, padahal ngga tahu kapan diambilnya, nggak ada izin juga, tapi ya udahlah,” ujarnya.

Related

News 8423922166723141120

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item