5 Artis Indonesia yang Pernah Dihujat karena Pindah Agama


Naviri Magazine - Urusan agama adalah urusan yang sensitif, khususnya di Indonesia. Seseorang, biasanya, menganut suatu agama berdasarkan leluhurnya atau keluarganya, dan sampai mati akan tetap memeluk agama tersebut. Jika sewaktu-waktu ia berpindah agama, biasanya akan menarik perhatian banyak orang. Apalagi jika yang berpindah agama adalah orang terkenal, semisal artis, yang memang dikenal banyak orang.

Meski di Indonesia ada Undang-Undang yang menyatakan bahwa setiap warga negara mempunyai hak untuk memilih agama sesuai keyakinan masing-masing, namun tetap saja pilihan artis-artis di bawah ini menuai hujatan. 

Berikut ini adalah lima artis Indonesia yang memutuskan untuk pindah agama, dengan berbagai alasan dan latar belakang, dan mereka menuai nasib serupa, yaitu dihujat atau bahkan sampai dibenci karena keputusannya. 

Lukman Sardi

Lukman Sardi mengejutkan semua orang dengan pengakuan bahwa dirinya memutuskan masuk Kristen. Ternyata, aktor yang sebelumnya muslim ini mengaku sudah percaya agama Kristen sejak tahun 2009 lalu. Keputusannya membuat Lukman Sardi dihujani berbagai pertanyaan dari para penggemarnya.

Akun sosial media milik Lukman, yang biasanya mudah diakses dan digunakan untuk berkomunikasi, sejak itu dinonaktifkan. Mungkinkah karena banyaknya hujatan yang masuk?

Asmirandah

Asmirandah merupakan pemain sinetron tanah air. Deretan judul sinetron sudah dibintangi aktris cantik berdarah campuran Belanda dan Betawi ini. Namun, kini wajah dan aktingnya tak pernah lagi terlihat di layar kaca.

Hal ini dikarenakan keputusannya saat menikah dengan Jonas Rivanno. Untuk bisa menikah dengan kekasihnya itu, Asmirandah berpindah agama dari Islam menjadi Kristen. Karena itu, Asmirandah dihujani hujatan dan mulai jarang muncul dalam sinetron.

Happy Salma

Rumor berpindah agama karena pasangan juga menyeret nama aktris Happy Salma. Happy Salma menikah dengan Tjokorda Bagus Dwi Santana Kerthyasa, seorang pangeran dari Kerajaan Ubud, Bali. 

Karena itu, Happy Salma berganti nama menjadi Jero Happy Salma Wanasari. Santer beredar kabar, Happy Salma sudah berpindah agama dari Islam menjadi Hindu, sebelum pernikahan. Meski jarang terlihat di layar kaca, Happy Salma masih sangat aktif bermain teater.

Jonathan Amstrong

Jonathan Pieter Amstrong, yang dikenal sebagai anggota band Gugun Blues Shelter, menjadi mualaf sebelum menikahi kekasihnya yang ditemuinya di Aceh, Fauziah Yatim. Pasangan ini menikah sejak tahun 2000 lalu, dan sudah dikaruniai 3 buah hati.

Namun, rumah tangga mereka dihempas cobaan hebat. Jonathan dan Fauziah bercerai di tahun 2014, dan kabarnya hal itu dikarenakan orang ketiga. Yang lebih mengejutkan, Jonathan kembali memeluk agama Kristen, seperti kekasih barunya, Cice. Keputusan itu pun menuai hujatan. Namun Jonathan tak peduli, menurutnya ini adalah urusannya dengan Tuhan.

Nania Idol

Nania Idol juga mengejutkan banyak orang dengan keputusan berpindah dari Islam menjadi Nasrani. Diakuinya, ia seorang muslim yang taat. Tak hanya ibadah wajib, Nania juga menunaikan shalat sunah, termasuk tajahud. Berawal dari keisengan membaca Alkitab milik seorang teman yang tertinggal di kamarnya, Nania merasa kegelisahan yang hebat.

Keputusannya berpindah agama membuat keluarganya sangat marah. Selama dua tahun, Nania tak diakui oleh keluarga, dan diancam akan dibunuh sang ayah jika berani pulang. Nania bahkan tidak diperbolehkan ketemu anaknya.

Related

Celebrity 6572513793347005492

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item