5 Tips Penting Menjadi Content Creator yang Sukses


Naviri Magazine - Tumbuhnya media sosial juga menumbuhkan profesi baru, yang umum disebut content creator, yaitu orang-orang yang menghasilkan konten untuk dinikmati orang lain. Bentuk konten yang dihasilkan bisa beragam, tergantung media sosial yang digunakan. Jika menggunakan YouTube, konten yang dihasilkan tentu berbentuk video. Jika menggunakan Instagram, konten yang dibuat tentuk berbentuk foto, dan lain-lain.

Saat ini, content creator telah menjadi profesi yang menjanjikan. Ada banyak remaja dan anak muda, bahkan orang tua, yang menggeluti profesi ini, dan menghasilkan uang yang tak sedikit. Karenanya, banyak pula orang-orang yang ingin meniru jejak mereka, dan menjadi content creator yang sukses.

Berikut ini adalah lima tips yang bisa diikuti siapa pun yang ingin ikut meniti profesi sebagai content creator.

Memilih konten yang sesuai passion

Jika ingin menjadi seorang content creator, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah konten apa yang ingin diberikan. Misalnya, konten beauty, gaming, lifestyle, entertainment, sport atau bahkan traveling. 

Better, pilih konten yang sesuai dengan passion yang dimiliki. Pasalnya, apapun yang dilakukan dengan passion akan menghasilkan karya yang bisa menginspirasi banyak orang.

Miliki karya yang orisinal

Ada banyak content creator dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Jika ingin memulai profesi ini dari 0 subscriber atau 0 followers, pastikan untuk memiliki karya yang original. Intinya, jadilah diri sendiri saat berkarya, karena hal tersebut unik dan menarik. Carilah hal-hal unik yang tidak dimiliki oleh content creator lainnya.

Misalnya, saja jika Anda adalah wanita Indonesia yang berkulit sawo matang cenderung gelap dan bergelut di dunia beauty and fashion. Ciptakan gaya OOTD dan juga makeup look baru yang akan membuat Anda terlihat elegan, biarpun dengan warna kulit gelap. 

Temukan sisi eksotis dalam diri, lalu ubah menjadi karya original. Tentunya banyak perempuan dengan warna kulit hampir sama yang menantikan gaya OOTD dan makeup look yang akan sesuai dengan dirinya.

Update dengan hal kekinian

Menjadi content creator menuntut Anda untuk selalu update dengan perkembangan tren terkini. Mulai dari pembahasan yang sedang hangat dibicarakan, cara editing foto terbaru, OOTD terkini hingga destinasi traveling yang sedang diminati. Dengan membuat konten yang selalu update, followers atau subscribers akan terus bertambah dengan sendirinya.

Bisa multitasking

Content creator dituntut untuk selalu bisa multitasking dalam berbagai macam hal. Mulai dari hard skill dan juga soft skill. Ada banyak hal yang perlu dipelajari, mulai dari belajar menulis wording yang readable, belajar edit video yang menarik, belajar otak atik kamera, belajar dipotret, mengatur feed Instagram, dan masih banyak yang lainnya.

Berbagai media yang disasar pun sangat luas, mulai dari YouTube, Instagram, Twitter, Facebook hingga Blog. Salah satu komponen yang penting bagi seorang content creator adalah memiliki foto-foto dengan kualitas baik untuk mendukung personal branding.

Konsisten dalam berkarya

Tantangan terberat bagi seorang content creator adalah bisa selalu konsisten untuk berkarya. Untuk menjaga konsistensi ini, mulailah untuk mengatur postingan dengan lebih teratur. Misalnya 1 video setiap minggu atau 4 kali posting foto di Instagram.

Buat timeline dan naskah dari setiap konten yang akan diciptakan, dengan begitu akan lebih terarah. 

Related

Tips 3840381858039385868

Recent

item