Ade Armando: Apa Bukti Allah Perintahkan Umat Islam Shalat 5 Waktu?


Naviri Magazine - Pegiat media sosial Ade Armando belakangan ramai disorot, usai melontarkan narasi bahwa salat tak mesti wajib 5 waktu dalam sehari. Dia bahkan menyebut salat wajib dalam Islam hanya 3 kali dalam sehari.

Adapun Ade Armando mengaku kebanjiran pertanyaan dari kaum muslimin yang terprovokasi gegara cuplikan videonya di Cokro TV soal salat 5 waktu yang beredar luas di media sosial.

“Saya tentu akan jawab: Tidak! Kalau Anda baca sekalipun tidak ada ayat yang bilang umat Islam wajib salat 5 kali dalam satu hari,” kata Ade Armando, dikutip Cokro TV.

Kata Ade, banyak orang kemudian mempertanyakan proposisinya. Kata Ade, rasanya serangan terhadap dirinya begitu gencar karena memang mereka tidak terima. Dan karena tidak bisa menerima kenyataan.

Benarkah Salat Wajib Bukan 5 Waktu?

Sebagian dari mereka lantas juga disebut meluapkan rasa marahnya dengan meracau. Ade lantas mengaku berusaha mempelajari beragam respons yang dilontarkan. Itulah yang kemudian disebut dia membaginya menjadi 4 kelompok.

Kelompok pertama datang dari pihak yang pokoknya marah-marah. Orang-orang ini bahkan biasanya tidak membahas isu soal salat lima waktu itu. Mereka dikatakan mungkin memang enggak paham atau sejak awal berniat buruk.

“Jadi mereka lazimnya menuduh ucapan saya soal bagian dari upaya saya untuk merusak Islam. Ini seperti memperkuat narasi mereka bahwa saya adalah musuh Islam. Ada juga yang menyatakan bahwa saya sekadar cari popularitas,” katanya

Sementara kelompok kedua adalah pihak yang berusaha membantah pernyataannya tetapi juga tanpa argumen yang jelas. 

Jadi mereka dikatakan hanya sekadar menyatakan bahwa sudah sangat jelas bahwa Allah memerintahkan salat lima waktu di dalam Alquran.

“Tapi ya itu saja. Apa bukti Allah memerintahkan umat Islam salat 5 kali. Tidak ada. Kelompok ini biasanya berargumen bahwa pernyataan Ade Armando tidak perlu didengar karena bukan ahli agama,” katanya.

Jadi mereka kemudian berusaha meyakinkan pembaca mereka untuk tidak membahas isu ini, karena yang mengangkat isu adalah orang yang tidak kompeten. 

Kelompok ketiga, adalah mereka yang berusaha menunjukkan bahwa perintah salat 5 waktu itu memang ada dalam Alquran dengan menyajikan bukti. Dibandingkan kelompok pertama dan kedua, kelompok ketiga ini kata Ade sangat perlu diapresiasi. Mereka berusaha berargumen dengan bukti. 

“Saya mungkin saja tidak setuju dengan kesimpulan mereka namun mereka adalah lawan dialog yang rasional,” katanya.

Kata Ade Armando: Uraian Ustadz Adi Hidayat 'Lemah'

Pada kesempatan itu, dia lantas mengurai video Ustaz Adi Hidayat. Dia membuat video di kanal Youtube-nya dengan judul ‘Waktu Salat dalam Alquran’. 

Ustaz Adi tidak menyatakan bahwa dia tidak mengomentari video Ade Armando. Namun cuplikan di video itu kemudian banyak digunakan berbagai pihak sebagai jawaban atas video Ade Armando. 

Dalam videonya itu Ustaz Adi Hidayat menyatakan tentang kewajiban salat 5 waktu sangat terang, jelas, dan detail.

Hanya saja setelah menyaksikan videonya berulang kali dan membuka ayat-ayat Alquran yang dijadikan rujukan Ustaz Adi, Ade justru tiba pada kesimpulan bahwa memang tidak ada kewajiban salat 5 waktu.

“Ayat-ayat yang digunakan Adi sebagai bukti tidak meyakinkan.”

Untuk mengujinya dia kemudian mengajak publik untuk membaca atau mendengar bunyi dalam ayat Alquran itu. Surat pertama yang digunakan Ustaz Adi adalah Al Isra ayat 78-79. Baginya jumlah waktu salat tidak jelas.

Kalau mau yang dijadikan rujukan adalah kata ‘sesudah matahari tergelincir’ kemudian ‘gelap malam’ dan salat subuh, ya Ade mengaku hanya menemukan 3 kali salat dalam sehari.

Yang kedua yang digunakan Ustaz Adi adalah Surat Hud ayat 114. Terjemahan ayatnya ‘Dan laksanakanlah salat pada kedua ujung siang dan pada bagian permulaan malam’.

Di sini lagi-lagi jumlahnya kata dia cuma tiga. Kata Subuh bahkan sudah hilang. Kemudian ada Surat Rum 30 ayat 17. Kalimatnya, ‘Maka bertasbihlah kepada Allah pada petang hari dan pagi hari’.

“Kalau Allah memang memaksudkan ini sebagai salat kok enggak dibikin konsisten saja. Apa bukti Allah perintahkan umat Islam salat 5 waktu?”

“Ada juga Qaf, lalu An Nur yang disebut Adi. Saya hargai dia dengan mencari bukti, punya semangat ilmuwan tinggi. Tapi bukti-buktinya jauh dari kuat. Apakah Allah eksplisit sampaikan untuk salat lima kali? Jawaban saya jelas tidak.”

Related

News 2517469939262514960

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item