Amazon, Hutan Hujan Terbesar dan Terluas di Muka Bumi


Naviri Magazine - Hutan hujan tumbuh di sepanjang garis equator, yang disebut daerah tropis—yang panas, lengket, dan lembap sepanjang tahun. Hutan terbesar tumbuh di wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan, serta Asia Tenggara. 

Hutan hujan yang lebih kecil juga terdapat di Cina, Afrika, Australia, India, Madagaskar, Papua Nugini, dan beberapa kepulauan di Karibia.

Hutan hujan paling besar tumbuh di Amerika Selatan, sepanjang tepi sungai Amazon. Jika semua hutan hujan di seluruh dunia digabungkan, luasnya masih kalah dengan hutan hujan yang ada di Amazon. 

Luas hutan di Amazon tersebut mencapai 6.437 kilometer, dan sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua di dunia setelah sungai Nil di Mesir.

Bagaimana hutan hujan tumbuh?

Hutan hujan tumbuh pada lapisan-lapisan, tergantung pada tinggi pepohonan. Pada bagian paling atas adalah bagian yang muncul, yaitu tempat pohon paling tinggi menonjol keluar dibandingkan pohon lainnya. 

Kemudian, di bawahnya, terdapat lapisan rimbun pucuk pepohonan yang disebut kanopi, yang tumbuh seperti payung hijau yang berdaun, di bagian atas hutan hujan. Di bagian bawah kanopi adalah bagian lantai hutan hujan, yang terdiri atas pepohonan yang lebih kecil.

Related

Nature 2260846315476057954

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item