Aneh tapi Nyata, Ayam Betina Ini Berubah Jadi Ayam Jantan


Naviri Magazine - Kalau manusia berjenis kelamin wanita berubah menjadi laki-laki, atau sebaliknya, mungkin kita sudah tidak terkejut lagi, karena hal semacam itu bisa saja dilakukan dengan operasi medis yang semakin hebat seiring berkembangnya teknologi. Tetapi pernahkah Anda mendengar ada ayam betina yang berubah menjadi ayam jantan?

Kejadian aneh tapi nyata ini terjadi di daerah Chumleigh, Devon Utara, tepatnya di sebuah tempat yang bernama Battery Hen Welfare Trust. Pemilik ayam aneh itu, Jane Howorth, menyatakan bahwa pada mulanya dalam peternakan miliknya hanya terdapat satu ekor ayam jantan. Sedang ayam yang berubah gender itu pada mulanya adalah salah satu ayam betina yang ada di sana.

“Karena dia dikelilingi ayam betina lainnya dengan seekor ayam jantan di kelompok itu, lalu dia memutuskan untuk menjadi seekor ayam jantan muda,” ujar Jane Howorth. 

Tentu saja perubahan yang amat aneh itu tidak terjadi secara cepat. Ayam betina yang pada mulanya diberi nama Georgina itu membutuhkan waktu dua tahun untuk berubah menjadi sesosok ayam jantan. Dan karena sekarang jenis kelaminnya sudah berubah, maka namanya pun sekarang diubah menjadi George.

Menurut para ilmuwan, kenyataan yang sangat aneh ini memang bisa terjadi, hanya saja perbandingannya 1 banding 1000. Berdasarkan penelitian pada ayam itu disebutkan bahwa perubahan jenis kelamin semacam itu dapat saja terjadi, apabila indung telur yang rusak mengakibatkan tingkat testosteron melambung tinggi, sehingga mengubah indung telur yang tersisa menjadi buah pelir.

Yang jelas, sekarang George sudah menjadi ayam jantan seutuhnya, lengkap dengan jenggernya yang berwarna merah di atas kepalanya, perkembangan bulu-bulu di kakinya, dan juga perubahan suara (bisa berkokok). 

Related

World's Fact 1921438217624439047

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item