Bagaimana Memperkirakan Usia Kehamilan yang Tepat?


Naviri Magazine - Memperkirakan usia kehamilan memang tidak jarang membingungkan karena hingga saat ini memang belum ditemukan cara yang pasti untuk mengetahui kapan terjadi pembuahan di dalam rahim. 

Metode yang banyak digunakan hingga saat ini adalah dengan berpatokan pada hari pertama haid terakhir (HPHT), yaitu dengan mengurangi waktu pemeriksaan saat ini dengan HPHT Anda. 

Namun, metode ini lebih sesuai bagi mereka yang memiliki siklus menstruasi 28 hari dan tidak dapat digunakan jika wanita hamil tidak dapat mengingat HPHT atau memiliki siklus yang tidak teratur. 

Cara lainnya adalah dengan pemeriksaan USG. Hasil pemeriksaan USG untuk menentukan usia kehamilan lebih akurat pada awal-awal masa kehamilan. Tidak jarang hasil pemeriksaan ini berbeda dengan hasil penghitungan dengan HPHT. 

Untuk lebih memastikan usia kandungan, biasanya dokter spesialis kandungan akan meminta Anda untuk kembali memeriksakan diri ketika janin sudah lebih berkembang. Dengan memeriksa janin yang lebih berkembang, biasanya dokter akan lebih dapat memperkirakan usia kehamilan Anda. Selama dokter tidak menemukan masalah dalam kehamilan, Anda tidak perlu terlalu memikirkan perbedaan penghitungan ini.

Related

Pregnancy 2006310756511685012

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item