Inilah Laba-laba yang Membuat Jaring Terbesar di Dunia


Naviri Magazine - Laba-laba bulat tropis dapat membuat jaring dengan panjang lebih dari 5 meter. Kelenjar benang sutra pada tubuh laba-laba jenis ini dapat menghasilkan lebih dari 700 meter benang sutra, dan benang sutra yang dihasilkannya sangat kuat, bahkan dapat menahan berat manusia.

Selain itu, di Madagaskar ada spesies laba-laba yang bernama Darwin Bark. Laba-laba tersebut memiliki ukuran 3 sampai 4 sentimeter (diukur dari kaki ke kaki), dan yang betina lebih besar dari yang jantan. 

Igni Agnarsson, ilmuwan dari University of Puerto Rico, menemukan laba-laba tersebut membuat jaring hingga sepanjang 25 meter, dengan inti utama sekitar 2,8 meter persegi.

Jaring laba-laba tersebut tidak saja memiliki ukuran yang amat besar, tetapi juga memiliki kekuatan sepuluh kali lipat dibanding jaring laba-laba umumnya. Jaring itu pun merupakan biologis terkuat yang pernah ditemukan.

Alasan dan cara kerja laba-laba Darwin Bark membuat jaringnya yang berukuran raksasa itu masih menjadi bahan pertanyaan, karena laba-laba tersebut tentunya tidak mengincar hewan-hewan berukuran besar. 

Pada saat ini, ilmuwan baru menyimpulkan, jaring raksasa itu hanya ditujukan untuk menjebak serangga dalam jumlah banyak.

Related

Science 8037146056521689947

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item