Mengapa Wanita Hamil Mengalami Mual dan Muntah? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Mual dan muntah merupakan gejala yang pada umumnya dialami oleh wanita hamil pada trimester pertama kehamilan. Keluhan ini dipicu oleh perubahan hormon dari awal kehamilan hingga mencapai puncaknya pada usia kehamilan 9 minggu. Keluhan ini umumnya akan sepenuhnya hilang saat kehamilan mencapai 16-20 minggu. 

Walaupun demikian, tidak semua wanita hamil akan mengalami mual dan muntah. Jika Anda tidak mengalami mual, Anda tidak perlu khawatir karena setiap wanita memiliki kondisi yang berbeda-beda dan gejala mual/muntah bukan satu-satunya tanda kehamilan yang sehat. 

Selain itu, kebanyakan wanita baru mulai merasa mual pada minggu ke 8-14. Dengan demikian, mungkin saja Anda belum mengalaminya. Yang perlu Anda ingat adalah selama tidak ditemukan kelainan pada pemeriksaan oleh dokter, maka Anda tidak perlu khawatir.

Silakan Anda tetap menjaga kesehatan selama kehamilan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih, berolahraga dengan teratur, melakukan latihan menguatkan otot dasar panggul, menghindari kebiasaan merokok, perbanyak istirahat, mengonsumsi suplemen yang diberikan dokter, dan hindari sembarangan mengonsumsi obat tanpa petunjuk dokter. 

Jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut pada dokter spesialis kandungan Anda.

Related

Pregnancy 90483244564926701

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item