Meski menyengat, Lebah Punya Manfaat untuk Manusia


Naviri Magazine - Diperkirakan saat ini ada 200.000 jenis lebah penyengat—termasuk lebah bergaris-garis kuning dan hitam seperti yang biasa kita lihat—lebah penyengat kayu, lebah penyengat pasir, dan lain-lain.

Lebah penyengat bergaris kuning dan hitam adalah jenis lebah yang sering kita lihat, dan banyak orang yang menganggapnya sebagai musuh, karena memiliki sengat yang kuat. Namun, sebenarnya, sengat yang dimilikinya tersebut sangat jarang digunakan untuk menyerang manusia.

Lebah jenis itu juga menguntungkan atau memberi manfaat bagi manusia, karena mereka mengumpulkan banyak ulat dan serangga yang sebagian besar adalah hama bagi manusia. Semua ulat dan serangga itu kemudian dibawa ke sarang mereka, dan dikunyah menjadi makanan bagi larva mereka.

Di mana lebah menyimpan sengatnya?

Sengat lebah berada di ujung pantatnya. Sengat itu terdiri dari sebuah tangkai dengan dua pisau. Pisau-pisau itu maju satu per satu, dan masuk cukup dalam ke tubuh korban yang disengat. Racun dipompa dari kanal pusat, dan masuk ke dalam luka.

Related

Science 3203321495645642351

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item