Misteri Satoshi Nakamoto dan Lahirnya Bitcoin


Naviri Magazine - Orang-orang yang mengenal atau akrab dengan Bitcoin tentu mengetahui bahwa mata uang virtual itu diciptakan oleh seseorang bernama Satoshi Nakamoto. Yang agak membingungkan, Satoshi Nakamoto bisa dibilang misterius, karena tidak pernah terlihat wujudnya, selain hanya namanya. Jadi, meski ada banyak orang di dunia yang mengenal atau bahkan memiliki Bitcoin, namun tidak ada satu orang pun yang tahu siapa Satoshi Nakamoto sebenarnya.

Leah McGrath Goodman, wartawan Newsweek, pernah berupaya melakukan investigasi untuk menemukan siapa sebenarnya Satoshi Nakamoto. Namun upaya dan investigasinya tidak menghasilkan apa pun. Hingga kini tidak diketahui siapa Nakamoto sebenarnya.

Bitcoin jadi istilah yang populer dan banyak orang membicarakan dan membahasnya beberapa tahun terakhir. Berdasarkan paper berjudul “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System” yang ditulis Satoshi Nakamoto, ia merupakan versi peer-to-peer dari uang elektronik yang memungkinkan pembayaran online dilakukan secara langsung dari satu pihak ke pihak lain tanpa melalui institusi keuangan. 

Secara teknis, Bitcoin memanfaatkan teknologi bernama Blockchain. Blockchain mendesentralisasikan basis data ke seluruh jaringan yang tergabung dengannya. Data yang disebarkan, telah terlebih dahulu dienkripsi. Ketika data baru ditambah, seluruh komputer yang terlibat dalam jaringan berkewajiban memverifikasi data. 

Bitcoin, selayaknya emas, diperoleh melalui dua cara: membeli atau menambang. Namun, perlu diingat, Bitcoin punya batasan jumlah. Secara sistem hanya akan ada 21 juta Bitcoin yang beredar.

Dalam klarifikasi yang diunggah Newsweek, media yang mempublikasikan tulisan Goodman tentang investigasi pencipta Bitcoin, mereka mengatakan bahwa penting bagi Newsweek untuk mengungkap siapa sosok di balik Bitcoin. Ini karena mata uang kripto itu sudah kadung populer di tengah masyarakat. Orang-orang yang berinvestasi pada Bitcoin harus tahu asal-usul uang kripto.

Satoshi Nakamoto, sang pencipta Bitcoin yang coba ditelusuri Goodman, diperkirakan memiliki 980.000 Bitcoin. Dengan nilai tukar saat ini, kepemilikan tersebut bernilai $6,65 miliar. Merujuk publikasi CNBC, jumlah kepemilikan Bitcoin oleh Nakamoto itu setara dengan hampir 5 persen total Bitcoin yang berjumlah 21 juta Bitcoin. 

Persentase itu mirip dengan kepemilikan emas yang dimiliki Amerika Serikat. Negara Paman Sam punya sekitar 8 ribu ton emas. Itu senilai 4,3 persen total emas dunia. 

Nakamoto dianggap punya kekayaan Bitcoin bak AS punya emas, memengaruhi hidup-matinya dunia Bitcoin. Hal tersebut menjadi pembenaran untuk mengungkap siapa Nakamoto sesungguhnya. Mengalahkan aspek privasi yang sering digaungkan orang.

Mengapa seorang atau siapapun orangnya atau Nakamoto menciptakan Bitcoin?

Dalam whitepaper yang dirilis hampir setahun sebelum Nakamoto merilis Bitcoin, alasan mengapa Bitcoin hadir ialah adanya dominasi institusi keuangan konvensional, berikut perusahaan pihak ketiganya, atas transaksi online. Institusi keuangan yang jadi penengah tersebut dianggap Nakamoto meningkatkan biaya transaksi. Adanya penengah tersebut pada akhirnya membatasi transaksi-transaksi bernilai minimum untuk dilakukan.

Related

Mistery 1112839979982646103

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item