Panduan Sehat agar Tubuh dan Wajah Selalu Cantik

Panduan Sehat agar Tubuh dan Wajah Selalu Cantik

Naviri Magazine - Menggosok atau mengamplas (scrubbing) merupakan salah satu cara untuk membersihkan kulit dari kotoran dan minyak (sebum), sekaligus membuang sel-sel kulit mati. 

Ada beberapa bahan pengamplas kulit yang sudah tersedia di gerai-gerai kosmetik, berupa jeli (gel scrub) maupun krim (cream scrub). Dapat digunakan untuk menggosok tubuh (body scrub), wajah (face scrub), maupun kaki (foot scrub). Baik di spa maupun di salon-salon, perawatan yang sering disebut scrub ini sangat disukai kaum perempuan, karena bisa dilakukan sambil berbaring dengan rileks.

Apabila ingin melakukannya sendiri di rumah, Anda bisa mencoba bahan-bahan yang tersedia di dapur, seperti garam kasar (garam laut), garam halus, dan juga gula. 

Kegiatan mengamplas kulit ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, membuka pori-pori yang tersumbat, serta merangsang pembentukan kulit baru. Jika tidak diamplas, kulit akan kelihatan kering, kusam, seperti bersisik, terutama pada area-area yang sirkulasi darahnya kurang baik, seperti pada bagian tumit, siku dan juga lutut.

Agar kulit tidak aus (teriritasi) atau timbul jerawat, gosoklah kulit secara perlahan-lahan, dan tidak terlalu sering. Kegiatan ini idealnya dilakukan seminggu sekali.

Pengamplas kulit yang paling sederhana namun berkhasiat adalah garam. Jika di spa atau di salon Anda akan ditawari garam mineral (sea selt) atau garam epsom (epsom selt). Kedua garam ini mengandung kalsium, sodium dan kalium.

Manfaat garam adalah membersihkan pori-pori, mengelupas sel-sel kulit mati, sehingga membuat kulit Anda lebih segar dan lembut. Selain itu, garam dapat merangsang sirkulasi darah, mengeluarkan racun-racun melalui sistem limpa, merangsang tumbuhnya sel-sel kulit baru, serta membuat kulit Anda kembali berkilau.

Caranya, ambillah segenggam garam (garam kasar untuk bagian kulit yang kasar, dan garam halus untuk bagian tubuh yang lembut). Taruhlah dalam sebuah wadah. Masukkan dua sendok makan minyak zaitun atau minyak wijen. Jika ingin sedikit wangi, tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti Lavender.

Aduk menjadi satu, lalu bawalah ke kamar mandi untuk digunakan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebelum membubuhkan pengamplas, bersihkan terlebih dulu wajah, leher dan tubuh Anda dengan waslap basah.

Menggunakan bahan pengamplas sangat mudah, cukup dengan bantuan telapak tangan, Anda bisa langsung membubuhkannya ke seluruh tubuh termasuk wajah. Namun, karena kulit wajah lebih halus dari bagian kulit yang lain, maka bahan pengamplasnya pun harus lembut.

Untuk bagian seluruh tubuh, boleh digunakan garam kasar, sedangkan untuk wajah, perut dan dada, sebaiknya menggunakan garam halus.

Walaupun kulit Anda berminyak, gunakanlah minyak zaitun (olive oil) atau minyak wijen (sesame oil) sebagai campuran garam. Kedua minyak tersebut berkhasiat melembutkan kulit.

Selain garam, gula juga dapat digunakan sebagai pengamplas wajah dan leher. Gula berkhasiat membersihkan dan menstimulasi kulit. Amplas gula ini sudah digunakan di beberapa spa dan salon kecantikan di Barat. 

Namun, Anda bisa mengerjakannya sendiri di rumah. Biasakanlah untuk menaruh gula dalam stoples kecil di dekat bak mandi Anda. Begitu pula saat bepergian, jangan lupa menyediakan sekantong kecil gula dalam tas kosmetik. 

Caranya, siapkan satu sendok teh gula, sabun dan air, serta perasan air jeruk sebanyak setengah buah jeruk. Cara pemakaiannya, saat mencuci wajah dengan sabun, tambahkan satu sendok teh gula sebagai pengamplas. 

Pijatlah perlahan-lahan kulit wajah Anda. Kemudian, bersihkan kulit dengan menggunakan campuran perasan jeruk dengan air, dengan perbandingan yang sama. Bilaslah wajah dengan air dingin, lalu biarkan mengering dengan sendirinya.

Related

Health 5425013686863387263

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item