Perlu Tahu, Ini Manfaat Konsumsi Air Putih untuk Ibu Hamil


Naviri Magazine - Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh, khususnya bagi ibu hamil dan calon bayinya. Air yang dikonsumsi ibu hamil akan membantu mempersiapkan tubuh menghadapi berbagai perubahan tubuh secara psikologis, dari efek samping dan rasa tidak nyaman selama masa kehamilan.

Dengan mengonsumsi delapan gelas air setiap hari, tubuh akan memperoleh banyak keuntungan. Hanya saja, air yang dikonsumsi haruslah air yang bersih dan sudah matang. 

Jika air yang masuk ke dalam tubuh tercukupi, hal itu akan membantu menghilangkan sodium yang tidak dibutuhkan, dan mencegah infeksi urine atau Urinary Tract Infections (UTIs). 

Infeksi ini bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, apalagi hormon kehamilan menyebabkan wanita sangat membutuhkan banyak air. Karenanya, meminum air dalam jumlah cukup akan sangat membantu.

Selain itu, air juga dibutuhkan untuk membawa nutrisi dari darah ke janin dalam kandungan, dan dalam hal tersebut dibutuhkan sekitar satu gelas air setiap jamnya. Karena itu, konsumsi minum yang cukup juga dapat menghindarkan ibu hamil dari kemungkinan lahir prematur di semester tiga kehamilan.

Selama hamil, volume darah di dalam tubuh akan berlipat ganda, dan pada waktu usia kehamilan mencapai 8 minggu, pembuluh darah akan menipis. Dalam hal ini, air akan dapat membantu mencegah terjadinya hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Mengkonsumsi air yang cukup juga memberikan manfaat lain, di antaranya; ibu hamil dapat menghindari atau mengurangi morning sickness, kulit akan terlihat sehat dan tidak mudah berjerawat, mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit, dan mencegah penyakit wasir atau hemorrhoids.

Related

Pregnancy 1309538925925960904

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item