Rutin Mengonsumsi Makanan-makanan Ini Bisa Mencegah Kulit Keriput


Naviri Magazine - Saat usia terus bertambah, elastisitas kulit semakin berkurang. Akibatnya, semakin menua seseorang, kulitnya pun makin keriput, atau tidak lagi kencang seperti saat masih muda. 

Namun, kadang-kadang, kulit telah mulai keriput padahal seseorang masih berusia relatif muda. Hal itu biasanya karena kurangnya perawatan, seringnya terpapar sinar matahari langsung, atau karena pengaruh zat negatif semacam rokok.

Untuk mendapatkan kulit yang senantiasa kencang yang cantik, Anda perlu rutin meminum air setiap hari dalam jumlah cukup, memakai kacamata, topi, dan tabir surya ketika di bawah sinar matahari, dan menghindari rokok. 

Selain itu, agar kulit senantiasa terjaga kekencangannya, atau tidak mudah keriput, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung antioksidan yang membantu menetralisir efek radikal bebas yang biasa menyerang kolagen kulit dan elastisitas jaringan.

Berikut ini makanan-makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kulit senantiasa kencang, mulus, dan jauh dari keriput.

Blueberi

Bluberi dan jenis buah beri lain mengandung antioksidan kuat yang disebut polifenol. Mengonsumsi satu porsi atau 1/2 cup buah beri setiap hari bisa membantu kesehatan kulit Anda. Sangat disarankan untuk mengonsumsi buah beri yang organik.

Sayuran atau buah berwarna cerah

Mengonsumsi sayuran berwarna cerah semisal wortel, bit, paprika merah, atau sayuran sejenis, akan membantu menjauhkan keriput. Sayuran semacam itu mengandung antioksidan, vitamin A dan E, serta bioflavonoid, yang berkhasiat melembapkan dan meregenerasi kulit. Anda bisa mengonsumsinya sekitar 1 cangkir setiap hari, dan bisa dibuat jus segar.

Salmon

Salmon dan ikan air dingin lainnya mengandung asam lemak omega-3, yang mampu membantu menjauhkan kerutan, dengan mencegah peradangan dan sebagai pelumas kulit Anda. Untuk tujuan itu, Anda bisa mengonsumsi sekitar 3 ons salmon, 1-3 kali dalam seminggu.

Tomat

Tomat mengandung likopen, antioksidan yang sangat baik untuk kulit, yang juga dapat mengurangi risiko kanker. Anda bisa mengonsumsi setidaknya 1/2 cup tomat yang dimasak dalam satu hari. 

Daun bawang, kulit mentimun, kacang hijau, stroberi

Makanan-makanan tersebut mengandung silika. Silika, atau dikenal dengan silikon dioksida (SiO2), adalah mineral penting untuk kesehatan kulit, berfungsi memperkuat jaringan sel, tendon, tulang rawan, otot, rambut, dan kuku. Semakin meningkat kadar silika, semakin bertambah pula tingkat elastisitas pada kulit, sehingga keriput menjauh.

Jambu biji, blackcurrant, lada merah, peterseli, kiwi, brokoli

Makanan-makanan tersebut mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C adalah oksidan terkuat. Mengonsumsi buah dan sayuran itu akan melindungi kulit dari kerusakan akibat proses oksidasi. 

Tidak hanya membantu melindungi perlawanan stres oksidatif dan kerusakan kulit akibat radikal bebas karena stres fisik, vitamin C juga dapat membantu mencegah serangan terhadap stres mental.

Bawang putih

Bawang putih memiliki peran penting sebagai antiseptik. Karenanya, bawang putih mampu menunda keriput dan mengembalikan sel tubuh yang rusak. Selain membantu menjaga keindahan kulit, bawang putih juga mampu menekan darah tinggi, memperlancar peredaran darah ke jantung, dan sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Pepaya

Ketika dikonsumsi, pepaya membersihkan tubuh secara menyeluruh, baik dari dalam maupun dari luar. Karenanya, pepaya sangat bagus untuk kulit. Selain mengurangi penuaan, jus pepaya segar sangat bermanfaat untuk mengurangi jerawat dan kerutan di wajah.

Jeruk

Jeruk kaya vitamin C, dan berfungsi melindungi pencernaan serta mengatasi sembelit atau konstipasi. Saat dikonsumsi, jeruk juga mampu bekerja sebagai pembersih, memperbaiki kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mentimun

Seperti wujudnya yang segar, mentimun memiliki fungsi mempersegar dan mencerahkan kulit. Efek dingin mentimun sangat baik di dalam maupun di luar tubuh. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah, Anda juga bisa mengonsumsinya sebagai makanan. 

Rutin memakan mentimun tidak hanya membantu mencegah keriput, namun juga mencegah tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Related

Health 8991447088385428581

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item