Sejak Ada Internet dan Media Sosial, Orang Kenalan di Dunia Nyata Semakin Jarang


Naviri Magazine - Meet-cute atau momen kebetulan bisa terjadi dalam berbagai cara—malu-malu, unik, menyebalkan, ambisius, suka ngomong, arogan dan lain-lain. Sayangnya, pertemuan tidak disengaja kayak begini bisa dibilang sudah tidak berlaku di zaman serba digital seperti sekarang.

Meet-cute adalah bagian terpenting dalam film romantis, tapi rasanya semakin langka di dunia nyata. Data pun mendukung gagasan ini. Para sosiolog dari Stanford University dan University of New Mexico menemukan, pasangan heteroseksual kini cenderung lebih sering bertemu lewat aplikasi dan situs kencan online, daripada bertemu langsung. 39 persen pasangan yang disurvei mengaku kenalan dari internet. 

Faktanya, pertemuan online telah mengalahkan cara tradisional, seperti dikenalkan teman. Menurut studi, 65 persen dari mereka berkenalan secara online. Bagi orang transgender, aplikasi kencan online adalah sarana utama bertemu calon kekasih, meskipun masih banyak tantangannya.

Kencan online menghindarkan kita dari penolakan langsung, tetapi masih menawarkan kesempatan menemukan cinta sejati. Jadi, masuk akal jika cara modern ini lebih disukai orang, walau mereka tidak mau terang-terangan mengakuinya. Selain itu, kebangkitan #MeToo membuat kita lebih waspada saat ada yang mengajak berkenalan, terutama bagi perempuan dan kelompok LGBTQ. 

Momen kebetulan romantis akhirnya cuma bertahan dalam film romcom, karena adanya alasan menghindari penolakan dan meningkatnya kesadaran penyerangan terhadap perempuan. Kita sekarang takut didekati orang asing, meski mungkin mereka sebenarnya hanya ingin memuji baju kita.

Kita sendiri tidak mau dikira orang jahat, sehingga akhirnya mengurungkan niat untuk menyapa seseorang yang menarik di tempat umum. Bahkan jika ide meet-cute masih terdengar bagus, kita kini terjebak dalam situasi membingungkan, siklus penilaian negatif yang tidak pernah berakhir bagi mereka yang mencoba berkenalan langsung dengan orang baru. Memikirkannya saja sudah bikin lelah dan frustrasi.

Related

Romance 6134814486871671684

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item