Selain Enak, Cokelat juga Punya Manfaat untuk Ibu Hamil


Naviri Magazine - Selain enak dan lezat, cokelat ternyata juga memiliki banyak kandungan zat yang sangat baik bagi wanita hamil. Di antara zat tersebut adalah theobromine, yang banyak terkandung dalam dark chocholate. 

Dr. Elizabeth W. Triche dari Yale University, menyatakan bahwa theobromine berfungsi untuk menstimulasi hati, memberikan relaksasi pada otot halus, dan melancarkan aliran darah. Theobromine juga berguna untuk mengatasi sakit pada bagian dada, mengatasi tekanan darah tinggi, juga menguatkan arteri.

Dia menyatakan, “Riset terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi cokelat pada masa hamil ternyata bisa membantu meminimalkan terjadinya komplikasi serius pada kehamilan, seperti pre-eklampsia, atau hipertensi pada wanita hamil yang membahayakan ibu dan janin yang dikandungnya.”

Manfaat cokelat bagi kardiovaskular serta dapat mencegah pre-eklampsia tersebut telah diteliti oleh para ahli dengan melakukan serangkaian tes dan survai terhadap 2291 wanita yang melahirkan bayi tunggal.

Hasil penelitian tersebut mengemukakan bahwa mereka yang memiliki risiko paling kecil terhadap pre-eklampsia adalah wanita yang mengkonsumsi cokelat paling banyak, dan juga para bayi yang tali pusatnya memiliki kandungan theobromine paling tinggi. 

Sementara wanita yang memiliki kandungan theobromine tinggi pada pembuluh darahnya memiliki risiko 69% lebih kecil mengalami komplikasi selama kehamilan, dibanding mereka yang kandungan theobromine-nya rendah.

Penelitian tersebut juga mengemukakan bahwa wanita yang pada trimester ketiga kehamilannya mengkonsumsi lebih dari 5 porsi cokelat setiap minggunya memiliki risiko 40% lebih kecil mengalami pre-eklampsia dibanding mereka yang mengkonsumsi kurang dari 5 porsi cokelat setiap harinya.

Selain itu, dalam penelitian tersebut juga terungkap bahwa zat theobromine yang terkandung dalam dark chocholate memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi pada plasenta, sekaligus sebagai penahan oksidasi stres.

Related

Pregnancy 1907609362594486672

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item