Tips Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit Selama Diet


Naviri Magazine - Diet bisa menjadi buah simalakama bagi yang tidak melakukannya dengan baik dan benar. Penyebabnya bermacam-macam, antara lain karena kurangnya pengetahuan bahwa diet bukan sekedar mengurangi nasi atau daging, atau berpikiran asal tidak makan pasti namanya diet. 

Ketidaktahuan semacam ini biasanya menimbulkan akibat yang kurang baik, semisal kulit menjadi rusak karena kekurangan cairan dan vitamin, kemudian organ reproduksi jadi terganggu. Nah, untuk menghindari hal semacam itu, perhatikan hal berikut selama melakukan diet.

Porsikan 70 persen berbanding 30 persen, antara makanan yang mengandung banyak air seperti buah dan sayur segar dengan makanan berbahan dasar protein dan zat tepung. Hati-hati dalam penggabungan makanan, sebaiknya mengkombinasikan sayuran dengan zat tepung (sayur, roti atau nasi) atau sayuran dengan protein daging.

Jangan satukan protein daging dengan zat tepung dalam jumlah banyak. Masalahnya zat tepung itu dicerna dalam perut menggunakan medium alkaline yang terdapat dalam mulut dan usus kecil sedangkan protein daging memerlukan medium asam untuk dicerna. Jika mencampur kedua medium tersebut, hasilnya makanan tersebut akan terfermentasi dan membusuk di perut Anda. Mengerikan, bukan?

Pilahkan makanan daging Anda. Artinya, akan sangat baik jika Anda memakan daging ayam dan ikan, serta hindari daging merah sebulan sekali. Sebaiknya hindari daging babi karena kandungan lemaknya sangat tinggi. 

Gunakan zat tepung pilihan. Maksudnya, lebih baik memilih yang terbuat dari beras merah, soba, millet, atau gandum. Makanlah roti gandum (hitam) yang lebih bergizi, jangan biasakan memakan roti putih karena walaupun sudah diperkaya mineral dan vitamin, dalam pembuatannya melalui proses yang pada dasarnya menghilangkan semua sari gizinya.

Lancarkan pencernaan dengan buah sebelum makan. Untuk membuat metabolisme tubuh menjadi lancar, sebaiknya makanlah buah-buahan kira-kira satu jam sebelum makan besar. Hindarkan atau minimalkan minuman ringan seperti soda, kopi dan teh.

Related

Tips 8709912424985671342

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item