Untuk Pasangan Suami Istri, Ini Tips bila Ingin Istri Cepat Hamil


Naviri Magazine - Meski banyak pasangan yang cepat dikaruniai anak setelah menikah, namun tidak sedikit pula pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun namun belum juga dikaruniai momongan. Hal itu bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, jika Anda termasuk pasangan yang ingin cepat dikaruniai anak, berikut ini adalah tip yang bisa diikuti.

Rutin berhubungan seks

Kehamilan terjadi apabila sperma berhasil membuahi sel telur, dan hal itu dimungkinkan pada masa suburnya si istri. Karenanya, apabila Anda dan pasangan secara rutin melakukan hubungan seksual, setidaknya dua atau tiga kali seminggu, maka hampir bisa dipastikan Anda akan berhubungan pada masa subur yang dapat memungkinkan terjadinya pembuahan.

Selain itu, melakukan hubungan seks satu kali sehari pada waktu yang berdekatan dengan ovulasi juga akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan.

Jalani gaya hidup sehat

Menjalani gaya hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, menjaga berat badan agar senantiasa seimbang, mengkonsumsi makanan dengan gizi yang sehat, serta mampu mengelola stres dengan baik, akan menjadikan tubuh Anda lebih siap dalam menghadapi kemungkinan terjadinya kehamilan. 

Wanita yang sehat akan lebih mudah hamil daripada yang mempunyai berat badan yang berlebihan atau kurang. Selain itu, stres yang tidak dikelola secara baik akan menyulitkan terjadinya konsepsi (kehamilan).

Pertimbangkan rencana kehamilan

Apabila Anda atau pasangan memiliki masalah kesehatan tertentu, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan perencanaan kehamilan dengan bantuan dokter. Melalui konsultasi atas hal ini, dokter Anda akan dapat menilai tingkat kesehatan Anda dan pasangan secara umum, dan membantu mengidentifikasi perubahan gaya hidup yang mungkin dapat Anda lakukan, demi meningkatkan kemungkinan bagi Anda untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.  

Konsumsilah vitamin 

Akan sangat bagus kalau Anda rajin mengkonsumsi asam folat (vitamin B9), karena memiliki peran penting dalam perkembangan bayi. Meminum suplemen asam folat setidaknya satu bulan sebelum kehamilan hingga trimester pertama, dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit spina bifida dan cacat tabung syaraf lain, hingga 70 persen.

Hindari alkohol dan rokok

Apabila Anda kebetulan perokok, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut jika ingin cepat hamil, karena tembakau mengubah lendir di mulut rahim yang mencegah sperma mencapai sel telur. Selain itu, merokok juga meningkatkan risiko terjadinya keguguran dan menekan perkembangan bayi, karena menahan asupan oksigen dan gizi untuk si bayi. 

Hindari obat tanpa resep

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu, khususnya yang tidak menggunakan resep dokter, bisa menyebabkan sulit untuk hamil. 

Catatan:

Pada umumnya, hubungan seks yang dilakukan pasangan sehat akan membuahkan kehamilan dalam waktu satu tahun. Apabila Anda masih berusia awal 30 tahun atau lebih muda dan sehat, Anda bisa menunggu datangnya kehamilan hingga dalam waktu satu tahun tersebut, sebelum menemui dokter untuk berkonsultasi.

Namun, apabila usia Anda telah di atas 35 tahun, dan siklus menstruasi Anda lebih dari 35 hari, atau pasangan Anda punya kemungkinan masalah kesuburan, maka Anda perlu bantuan konsultasi dokter.

Related

Tips 5077255467977360931

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item