7 Aplikasi Gratis berbasis OS Android dalam Menghadapi Bencana


Tinggal di negeri yang rawan bencana harus menjadikan kita siaga dan tanggap dalam menghadapi bencana. Banyak hal yang bisa kita tempuh untuk mengurangi risiko bencana, salah satunya dengan mencukupkan informasi dan pengetahuan tentang bencana yang kerap terjadi. Seiring perkembangan zaman, teknologi informasi terus berkembang dari hari ke hari.

Saat ini, banyak website yang menyediakan informasi bencana secara langsung, meski hal tersebut kadang terasa kurang efektif karena komputer (laptop, desktop, dll) tidak bisa mobile seperti smartphone dan tablet.

Ada pula beberapa aplikasi smartphone dan komputer tablet berbasis android yang bisa kita dalam upaya mengurangi risiko dan mengenal bencana.

Berikut beberapa aplikasi berbasis OS Android yang bisa anda instal secara gratis untuk persiapan dalam menghadapi bencana:

1. Geospasial BNPB

Geospasial BNPB merupakan sebuah aplikasi berbasis Android yang dikembangkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia. Aplikasi tersebut terkoneksi dengan situs Geospasial BNPB yang tugasnya membuat peta kawasan terdampak segala jenis bencana yang sedang terjadi. 

Aplikasi Geospasial BNPD menghadirkan 10 posting terbaru dari peta kawasan terdampak bencana langsung ke smartphone Android anda.

2. Pantauan Bencana Indonesia

Adalah aplikasi kedua yang dibuat oleh BNPB. Kalau dalam aplikasi sebelumnya kita bisa melihat peta kawasan terdampak dari bencana yang sedang terjadi, pada aplikasi ke-dua ini kita bisa memantau segala jenis bencana yang sedang dan telah terjadi dalam 1 bulan terakhir. 

Data lengkap tentang kejadian bencana dalam 1 bulan terakhir semuanya disajikan dalam aplikasi ini dengan teratur dan lengkap. Selain memantau bencana yang terjadi dalam 1 bulan terakhir, dalam aplikasi ini kita juga dapat mengakses data kondisi cuaca terkini di seluruh indonesia serta ilmu dasar tentang kebencanaan.

Aplikasi Pantauan Bencana Indonesia ini juga masih terkoneksi dengan situs geospasial BNPB seperti pada aplikasi pertama di atas. Install dan nikmasi aplikasi ini secara gratis supaya kita bisa memantau dan mengenal bencana langsung dari smartphone.

3. Info Gempa dan Cuaca

Kalau aplikasi sebelumnya dibuat oleh BNPB, aplikasi yang ini dibuat oleh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika). Dalam aplikasi ini, tersedia informasi gempa terkini yang terjadi di seluruh Indonesia, prakiraan cuaca seluruh provinsi di Indonesia, prakiraan cuaca setiap kabupaten di Indonesia, dan prakiraan cuaca dunia.

Untuk informasi gempa bumi akan ditampilkan keterangan mengenai kekuatan (skala richter) dan potensi tsunami. Lalu terdapat juga lokasi titik pusat gempa dari kota terdekat.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Tim Website BMKG ini juga memiliki fungsi peringatan suara, sehingga pengguna dapat mengetahui adanya informasi yang disampaikan BMKG. Tunggu apalagi, install terus aplikasi ini di smartphone dan tablet anda dan dapatkan informasi terkini tentang gempabumi dan cuaca.

4. Melek Bencana on Android

Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi-aplikasi android web/blog lain yang mengharuskan adanya koneksi internet pada saat anda ingin mengakses bacaan atau artikel.

Aplikasi ini hanya mengharuskan anda untuk melakukan koneksi internet sekali setelah aplikasinya diinstal untuk mengambil tulisan/artikel terbaru. Setelah semua tulisan masuk dalam aplikasi, anda bisa membacanya kapan saja walaupun smarphone atau tablet anda dalam keadaan offline. 

Setiap kali ada update tulisan/artikel terbaru dari blog Melek Bencana, aplikasi ini akan otomatis melakukan update artikel ketika anda kembali terhubung dengan internet.

5. GPS Tracking Pro

Ini adalah aplikasi yang bagus untuk mengetahui keberadaan kerabat/keluarga anda. Pada saat keadaan darurat ketika bencana terjadi, anda bisa langsung mengetahui dimana posisi keluarga dan kerabat anda.

Dalam aplikasi ini, kita ditawari dua opsi penentuan posisi, yang pertama menggunakan satelit GPS yang akurasi radius 5 meter dan yang kedua menggunakan jaringan sinyal handphone yang disediakan oleh provider jaringan komunikasi. Pilihan kedua ini memiliki akurasi yang sangat beragam.

Namun untuk sekedar mengetahui keluarga anda berada di kawasan/desa mana, sebaiknya pilih opsi kedua, karena opsi kedua ini juga bisa aktif walaupun keluarga/kerabat kita berada dalam ruangan. Opsi pertama yang menggunakan GPS akan sangat akurat posisinya namun tidak akan terdeteksi apabila keluarga/kerabat kita berada dalam ruangan. 

6. Earthquake Alert

Selain aplikasi info Gempa dan Cuaca, ada juga menginstall aplikasi Earthquake Alert!. Earthquake Alert! merupakan aplikasi yang sangat bagus dalam memberikan informasi gempa terkini yang bersumber dari data USGS (United States Geological Survey). 

Menggunakan aplikasi ini, kita bisa melihat kejadian gempa di seluruh dunia yang sedang terjadi mulai dari skala 1 Mw – seterusnya dan ditampilkan dalam peta dunia.

Untuk mendapatkan informasi selanjutnya tentang gempa yang sedang terjadi, dari aplikasi ini kita bisa langsung konek dengan website USGS. Untuk memantau gempa yang ada di seluruh dunia, bisa menggunakan aplikasi ini. Namun, untuk memantau gempa di Indonesia, aplikasi Info Gempa dan Cuaca sudah sangat bagus karena datanya bisa langsung ada setelah beberapa menit gempa terjadi. 

Aplikasi Earthquake Alert! sedikit memiliki keterlambatan info sekitar 10 menit atau lebih 5 menit dari lambat dari Info Gempa dan Cuaca. Namun untuk pembanding, anda bisa instal kedua aplikasi tersebut.

7. U.S. Army Survival Guide

U.S. Army Survival Guide adalah aplikasi yang sangat berguna dalam keadaan darurat setelah bencana terjadi. Dalam aplikasi ini terdapat banyak sekali tips dan trik supaya kita bisa survive (bertahan hidup).

Tips dan trik yang diberikan antara lain tentang bagaimana membuat tempat tinggal sementara (shelter), menyaring air supaya bisa diminum, membuat api tanpa menggunakan korek api, dan bagaimana membedakan antara tanaman yang bisa dimakan dan tidak bisa dimakan. 

Ketika kita menjadi orang yang selamat akibat tsunami atau bencana besar lainnya, tentu tips dan trik yang dijelaskan dalam aplikasi ini akan sangat berguna bagi kita untuk bertahan hidup sebelum bala bantuan datang.

Related

Smartphone 7083547300906253289

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item