7 Cara Mengatasi Telepon WhatsApp Tidak Ada Suara


Aplikasi WhatsApp (WA) tak hanya diandalkan sebagai media pengirim pesan, tapi juga untuk melakukan panggilan telepon dan pesan suara.

Telepon lewat WhatsApp atau WhatsApp call juga banyak dipilih orang daripada telepon biasa yang membutuhkan pulsa.

Meski demikian, ada kalanya pengguna mengalami kendala saat telepon lewat WhatsApp, salah satunya tidak muncul suara saat menerima panggilan masuk.

Masalah tersebut bisa disebabkan banyak hal, baik dari gangguan jaringan, komponen speaker atau mikrofonnya, maupun kendala sistem.

Dengan mengetahui cara mengatasi telepon WhatsApp tidak ada suara ini, Anda bisa mencari tahu letak masalah dan solusinya sehingga panggilan telepon WA bisa kembali normal.

1. Pastikan koneksi internet stabil

WhatsApp membutuhkan koneksi internet untuk mengirim pesan serta melakukan panggilan telepon.

Terutama untuk telepon, WhatsApp membutuhkan koneksi internet stabil atau setidaknya jaringan 3G jika menggunakan data seluler.

Ketika WhatsApp tidak ada suara saat telepon, periksa dahulu apakah jaringan internet--wifi atau data selulernya-- tersambung dan stabil. Bila perlu, matikan sebentar dan aktifkan kembali internetnya, mengutip GuidingTech.

2. Ganti jaringan

Jika jaringan yang Anda gunakan bermasalah, coba sambungkan ke jaringan lain. Misalnya Anda mengaktifkan data seluler dan koneksinya bermasalah, alihkan ke jaringan wifi. Begitupun sebaliknya.

3. Restart hp

Matikan perangkat dan tunggu 10-20 detik, kemudian hidupkan kembali. Anda juga bisa menggunakan opsi restart jika tersedia di hp Anda.

4. Matikan bluetooth

Terkadang, bluetooth dapat membuat suara pada telepon WhatsApp menjadi terputus-putus bahkan tidak terdengar. Terutama jika sebelumnya Anda menyambungkan hp ke earphone nirkabel atau speaker bluetooth.

Tak ada salahnya cek bluetooth dan nonaktifkan sebentar untuk mengatasi masalah telepon WhatsApp tidak ada suara.

5. Atur ulang izin akses atau App Permission WhatsApp

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengecek kembali izin atau permission untuk panggilan WhatsApp. Periksa apakah hp Anda sudah memberikan akses mengaktifkan mikrofon dan izin lainnya yang terkait dengan panggilan telepon dan suara.

Untuk melakukannya, buka Settings di hp, kemudian buka Apps & Notification lalu pilih WhatsApp. Selanjutnya, ketuk Permission lalu aktifkan izin Camera and Microphone.

6. Bersihkan cache

Cache yang penuh dapat menyebabkan aplikasi error. Untuk mengatasinya, bersihkan cache pada WhatsApp.

Menghapus cache tidak akan menghapus data apa pun dari hp. Untuk menghapus cache WhatsApp, buka Settings di hp > buka Apps & Notification lalu pilih WhatsApp > klik Storage usage, lalu Clear cache.

7. Perbarui WhatsApp

Memperbaharui ke versi terbaru biasanya dapat memperbaiki masalah atau bug yang ada pada aplikasi. Caranya, cari WhatsApp di Google PlayStore (Android) atau App Store (iPhone) untuk mengupdate WA ke versi terbaru.

Namun jika cara mengatasi telepon WhatsApp tidak ada suara dengan update aplikasi tidak menyelesaikan masalah, Anda bisa menginstal ulang WA.

Related

Tips 8210565005825540078

Recent

Hot in week

item