Apple Dinilai Salah Besar karena Tak Membeli Perusahaan Tesla


Apple dinilai melakukan kesalahan besar dengan tidak membeli perusahaan mobil listrik Tesla pada saat masih belum berjaya. Andai saja mereka melakukannya, tentu Apple tidak perlu repot lagi masuk dalam bisnis kendaraan listrik.

"Ini seharusnya menjadi pasar bagi Apple. Apple seharusnya dahulu membeli Tesla, ketika mereka mendapatkan kesempatan itu. Kami bahagia mereka tidak melakukannya," kata Cathie Wood, pengamat dan manajer keuangan.

Karena tak jadi membeli Tesla, Apple pun harus berusaha sendiri. Apple sudah menunjuk pimpinan proyek, yaitu Kevin Lynch. Dia sebelumnya memimpin pengembangan Apple Watch.

Target Apple adalah meluncurkan mobil listrik otonom pada 2025. Ini lebih cepat dari target semula yang butuh 5-7 tahun, karena Apple dilaporkan berhasil membuat penemuan penting dalam sistem penyetiran mandiri dan mobil akan siap diuji coba.

Adapun mengenai kesempatan Apple membeli mobil Tesla terjadi sekitar 5 tahun silam. Dalam buku 'Power Play: Tesla, Elon Musk and the Bet of the Century' yang ditulis wartawan Wall Street Journal, disebutkan bahwa kala itu, Elon Musk berbincang dengan CEO Apple, Tim Cook, melalui ponsel.

Pada saat itu, Tesla mengalami cukup banyak persoalan, seperti penundaan produksi dan mobil listrik belum diterima luas. Nah, Cook disebut ingin membeli Tesla.

Elon menjawab dia mau menjual Tesla pada Apple dengan satu syarat. "Aku CEO-nya," konon katanya pada waktu itu. Cook pun sadar bahwa Elon ingin mengambil alih posisinya. Transaksi Apple ingin membeli Tesla pun tidak pernah terjadi.

Desember silam, Elon Musk mengungkap adalah benar dia pernah mempertimbangkan untuk menjual Tesla ke Apple saat perusahaannya sedang kesulitan, namun dia membantah pernah berdiskusi langsung dengan Cook. "Dia menolak untuk datang ke meeting," kata Elon.

Related

Business 3754089390906022836

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item