Cara Mendapat Sambungan Listrik untuk Rumah Baru


Naviri Magazine - Kehidupan kita sehari-hari ditunjang oleh listrik, dari bangun tidur sampai mau tidur lagi. Bahkan pekerjaan kita sehari-hari pun ditunjang oleh listrik. Mau nge-charge baterai ponsel, pakai listrik. Mau menonton televisi, pakai listrik. Mau menyalakan komputer, pakai listrik. Daftar ini bisa ditambah dan ditambah lagi.

Karenanya, ketika kita membangun rumah baru, kita pun perlu memikirkan untuk mendapatkan sambungan listrik. Lalu bagaimana cara mendapatkan sambungan listrik?

General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya), Muhammad Ikhsan Asaad, mengatakan, untuk mendapatkan sambungan listrik saat ini sudah mudah. Sebab, berbagai saluran sudah disiapkan PLN untuk melayani penyambungan listrik.

Dia menyebut, saluran itu seperti layanan telepon di 123, website pln.co.id, aplikasi PLN, maupun layanan offline di kantor-kantor PLN terdekat.

"Bisa di web, bisa 123, mobile, dan bisa datang ke kantor PLN. Kita memang buka channel-nya banyak. Memberi kemudahan orang mendapatkan listrik," katanya.

Ikhsan mengatakan, calon konsumen kini tak perlu capek-capek mendatangi kantor PLN untuk mengajukan sambungan listrik. Sebab, permohonan sambungan listrik bisa dilakukan melalui website. Dalam website itu juga sudah ada simulasi atau urutan permohonan penyambungan listrik.

Secara umum, kata dia, calon konsumen cukup mengisi data yang diminta PLN dalam laman tersebut. Kemudian, calon konsumen mendapat nomor registrasi hingga tagihan yang harus dibayarkan.

"Kalau di web, akan di-email berapa nomor registrasi dan berapa yang harus dibayar. Bisa dibayar di ATM, gerai-gerai Alfamart, Indomart, atau retail lain bisa, pelanggan tinggal nunggu saja di rumah," kata dia.

Dia mengatakan, terpenting dalam mengajukan sambungan listrik, konsumen memiliki kartu identitas penduduk (KTP) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Ikhsan mengatakan, data nomor kartu kependudukan menjadi salah satu basis PLN menyalurkan listrik.

Data pada kependudukan ini juga yang membuat PLN tak perlu repot-repot melakukan survei, karena di dalamnya telah memuat berbagai informasi pada calon konsumen.

"Biasanya survei, kalau memang nggak butuh, nggak. Survei itu kalau butuh jaringan baru, gardu baru, misalnya daerah itu overload, kita cek kapasitas trafonya. Tapi kita punya sistem bahwa pelanggan ini, narik jaringan kemana, sambung kemana, nggak perlu ke lapangan," jelasnya.

Selain itu, data kependudukan juga menentukan kelayakan orang mendapat listrik subsidi. "Itu difilter, dia minta 450VA itu kan subsidi. Kita lihat dulu bener nggak," ujarnya.

Sementara, dia mengatakan, untuk calon konsumen yang ingin mengajukan sambungan secara offline, cukup mendatangi kantor PLN terdekat. Calon konsumen hanya membawa berkas seperti KTP. Lalu, pembayaran sambungan dilakukan di ATM.

"Biasanya di loket PLN, ada bank di sana, ATM di sana. Serahin berkasnya, nanti muncul nomor register selesai. Tinggal tunggu aja," tutupnya.

Related

Tips 1663698434418468213

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item