Dampak dan Risiko Nikah Muda yang Harus Diketahui


Naviri Magazine - Pernikahan atau nikah muda, menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), adalah pernikahan yang dilakukan pada usia kurang dari 21 tahun.

Laman plan-international-org menyebutkan, pernikahan muda menurut Unicef terjadi tertinggi di Afrika Sub-Sahara; ada 38 persen pernikahan anak perempuan, sedangkan di Asia Selatan terjadi kenaikan hingga 30 persen, 17 persen di Timur Tengah dan Afrika Utara, dan 11 persen di Eropa dan Asia Tengah.

Pernikahan muda tentu memiliki efek dalam segala bidang kehidupan, misalnya terbatasnya akses pendidikan, minimalnya peluang ekonomi, pengaruh tingginya risiko kekerasan dalam rumah tangga, juga terutama di sisi kesehatan.

Dampak ini dijelaskan dalam iwhj.org, wanita yang menikah muda (usia di bawah 15 tahun) jika terjadi kehamilan yang tidak terencana, mungkin terjadi kelahiran prematur atau keguguran, pendarahan, hingga kematian ibu.

Selain itu, perempuan yang nikah muda dengan sistem reproduksi yang belum cukup matang berisiko cedera terkait kehamilan yang lebih tinggi, misalnya fistula kebidanan.

Kemudian, pemahaman pendidikan seksual yang tidak cukup terkait praktik seksual yang lebih aman, sangat berisiko tinggi terhadap HIV dan infeksi menular seksual lainnya

Selain itu, pernikahan muda dengan kondisi keuangan yang tidak stabil, berisiko terhadap kesejahteraan keluarga, mulai dari kondisi kesehatan ibu hingga anak. Seperti anak yang mengalami gizi buruk.

Journal of Nutrition College, dalam penelitiannya, menyebutkan ada 72 batita yang ibunya menikah dini alias nikah muda sekali di Kecamatan Gemawang dan Bulu, memiliki rerata usia pada saat ini 10,4±7,16 bulan. 

Penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan panjang badan sesuai umur (PB/U) terdapat 29,2 persen subjek berstatus gizi pendek, sedangkan berdasarkan Berat Badan sesuai umur (BB/U) 15,3 persen subjek berstatus gizi kurang.

Related

Relationship 6095649646028508760

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item