Demi Iklan yang Tepat, Mungkinkah Media Sosial Nguping Pembicaraan Kita?


Kemajuan teknologi semakin canggih. Menurut pantauan di media sosial, ada beberapa warganet yang curhat tentang aplikasi Instagram yang bisa menguping pembicaraan di WhatsApp. Pasalnya, ia menemukan iklan produk yang ia sebutkan di WhatsApp sesaat setelah mengetiknya.

Hal serupa juga dirasakan oleh seorang warganet di Quora. Di sana, ia menceritakan bagaimana ia mendapat iklan produk permen yang ia sebutkan di percakapan WhatsApp dengan orang lain. Setelah itu, ia membuka sebuah website dan dia menemukan iklan merek permen yang ia bicarakan sebelumnya.

Hal ini diamini oleh beberapa pengguna Quora di kolom komentar, yang mengalami pengalaman serupa, yaitu menemukan iklan produk di laman Facebook dan Instagram. Lantas, apakah ini tanda Facebook dan Instagram menguping pembicaraan penggunanya?

Alfons Tanujaya, Pakar Keamanan Siber dari Vaksin.com, mengatakan memang ada sejumlah kemungkinan, contohnya dari ponsel yang terinfeksi virus Trojan. Virus tersebut bisa memonitor hasil ketikan kita. Selain itu, penggunaan aplikasi pihak ketiga yang bisa memantau ketika keyboard digunakan juga bisa mendukung hal ini terjadi.

"Mungkin juga iklan tersebut kebetulan muncul karena ketepatan artificial intelligence (AI) perusahaan mengidentifikasi kesukaan pengguna, dan kebetulan ada iklan yang sesuai," kata Alfons.

Related

Internet 1508867244047588943

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item