Ini 6 Makanan Enak dan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat sedang Sakit


Naviri Magazine - Sewaktu-waktu, karena berbagai penyebab, badan kita mengalami sakit. Biasanya, sakit yang sering datang adalah sakit ringan semisal flu, pilek, batuk, demam, atau diare. Penyakit-penyakit ringan yang datang sewaktu-waktu ke tubuh kita biasanya disebut “meriang”. 

Meski tergolong penyakit ringan, namun saat meriang sering kali menjadikan kita tidak enak makan. Mulut terasa pahit. Makanan apa pun terasa tidak enak. Padahal, selain perlu minum obat, tubuh yang sakit juga membutuhkan asupan makanan bergizi, khususnya yang baik untuk lambung. Berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat sakit. 

Sup ayam

Sup ayam telah dipercaya sejak dulu sebagai sarana penyembuhan sakit pilek atau demam. Kaldu ayam mengandung asam amino yang disebut cysteine yang membantu mencairkan lendir di paru-paru, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sup ayam juga membantu saluran pernapasan lebih lega, mencegah dehidrasi, dan mengatasi peradangan di tenggorokan.

Teh panas

Dalam keadaan sakit maupun sehat, teh panas terasa enak. Teh panas dapat menyamankan tenggorokan yang sakit, dan memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu. Minumlah teh panas yang baru diseduh, karena masih mengandung banyak antioksidan untuk melawan infeksi sekaligus menguatkan daya tahan tubuh dan melegakan hidung mampet. 

Jika Anda kebetulan tidak terlalu suka teh, bisa diganti dengan air panas dan perasan lemon. Lemon mengandung vitamin C yang juga memperkuat sistem imun.

Citrus

Kelompok buah citrus seperti jeruk oranye, lemon, atau jeruk nipis, kaya vitamin C yang terkenal khasiatnya dalam menyembuhkan flu. Saat dikupas, lemon atau jeruk memperlihatkan lapisan putih tipis seperti jaring. Lapisan itu memiliki kandungan flavonoid yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan sakit.

Kraker dan roti panggang 

Bila mengalami masalah pencernaan, seperti maag, mual, atau diare, konsumsilah makanan ringan yang sehat. Kraker tanpa atau sedikit garam dan roti panggang cenderung mudah dicerna tubuh. 

Makanan berkarbohidrat ini bisa mengurangi rasa mual, dan membantu menstabilkan pencernaan. Biasanya akan sangat membantu setelah muntah, karena terasa nyaman di perut.

Pisang

Bisa dibilang, pisang adalah sahabat orang sakit. Kita pun biasanya membawakan pisang saat menjenguk orang yang sedang sakit. Pisang kaya potasium yang bisa menstabilkan pencernaan setelah muntah atau diare. Buah ini juga mudah dicerna, membantu menurunkan temperatur tubuh, dan menggantikan elektrolit yang hilang karena diare atau muntah-muntah.

Jahe

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa jahe sangat efektif dalam mencegah dan meredakan mual, serta gangguan lainnya pada perut, seperti sembelit, perut kembung, atau muntah-muntah. Minum teh jahe atau ginger ale (minuman soda rasa jahe) bisa membantu menyamankan perut yang bermasalah.

Related

Health 2802562860270227513

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item