Isu Pernikahan Dini di Balik Cerita Film Yuni


Pernikahan dini menjadi salah satu hal yang menginspirasi cerita film Yuni. Sutradara Kamila Andini mengatakan, ide menyinggung isu tersebut muncul setelah berbincang-bincang dengan asisten rumah tangganya beberapa tahun lalu.

"Intinya [film Yuni] adalah cerita yang berawal dari obrolan sangat sederhana dengan seorang ibu, asisten rumah tangga saya, di suatu sore pada 2017, tentang anaknya menikah di usia yang sangat muda," kata Kamila Andini dalam jumpa media.

Meski sangat sederhana, Kamila Andini mengaku pembicaraan itu sangat melekat dan reflektif di pikirannya. Sehingga, ia berdiskusi lebih lanjut dengan produser Ifa Isfansyah.

Pembicaraan sederhana ditambah diskusi dengan Ifa, kata Kamila Andini, menjadi cikal bakal pembuatan film Yuni hingga siap tayang di banyak bioskop Indonesia.

"Kemudian setelah berjalan begitu lama, ternyata cerita ini tidak hanya sebuah film sederhana, saya juga banyak menemukan kebebasan diri di film ini," kata Kamila Andini.

"Jadi, saya sangat berharap setelah menonton film ini orang-orang akan menemukan kebebasannya sendiri-sendiri," sambung anak Garin Nugroho tersebut.

Isu pernikahan dini itu kemudian dituangkan dalam cerita film Yuni. Film itu mengisahkan Yuni (Arawinda Kirana) dan remaja-remaja sebuah desa di Serang, yang dituntut menikah ketika masih bersekolah.

Mereka dipaksa menikah dengan banyak alasan mulai dari mencegah hamil di luar nikah yang dianggap membawa aib keluarga, hingga faktor ekonomi.

Kendati dekat dengan dunia remaja, Prima Rusdi selaku penulis naskah film Yuni mengatakan cerita dalam Yuni mengangkat persoalan-persoalan seputar remaja riil yang belum banyak dibahas, terutama tentang kehidupan remaja di kawasan rural.

"Kami membuat film kultural dengan jargon besar yang memang bisa merepresentasikan, bukan hanya orang-orang di Serang, bahwa orang-orang seperti Yuni ini ada banyak sekali, dengan persoalan-persoalan yang kita enggak tahu, nah sekarang kita angkat untuk jadi ruang diskusi," kata Prima.

Sementara itu, pernikahan dini bahkan anak masih kerap terjadi di banyak kawasan Indonesia. Berdasarkan data Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung, hingga Juni 2020 permohonan dispensasi pernikahan mencapai 34.413 perkara. Dispensasi ini menunjukkan praktik perkawinan usia dini masih terjadi secara masif.

Sekretaris Umum TP-PKK Pusat Hernawati Hudori pada Juli 2021 menjelaskan, perkawinan anak di Indonesia mencapai angka 10,82 persen.

Karenanya, jumlah tersebut menjadi salah satu agenda pemerintah dalam Rencana Pembangunan Kerja Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, dengan menargetkan penurunan angka perkawinan anak menjadi 8,74 persen pada akhir 2024.

"Satu hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama adalah berdasarkan data BPS tahun 2019, ada 22 provinsi yang angka perkawinan anak di atas rata-rata angka nasional," ujar Hernawati.

Hernawati mengatakan, ada berbagai faktor melatarbelakangi laju perkawinan anak di Indonesia masih terbilang tinggi. Salah satunya dipengaruhi kebudayaan di masyarakat yang masih toleran terhadap pernikahan usia dini.

Selain itu, kondisi ini juga dilatarbelakangi faktor kemiskinan. Bahkan situasi pandemi Covid-19 juga turut menjadi faktor perkawinan anak kian marak.

Terpisah, data Wahana Visi Indonesia (WVI) mencatat sebanyak 24,71 persen anak di Papua menikah di bawah umur 19 tahun. WVI bahkan mencatat ada anak yang menikah pada usia 10 tahun.

Data tersebut dihimpun dari hasil penelitian WVI di empat kabupaten/kota yakni Jayapura, Jayawijaya, Biak Numfor, dan Asmat.

Sementara itu, film Yuni sebelumnya berhasil memenangkan penghargaan Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021.

Selain Arawinda Kirana, film Yuni juga dibintangi oleh sejumlah aktor muda Indonesia seperti Kevin Ardilova, dan Dimas Aditya.

Film ini juga menampilkan sederet bintang kenamaan lain, seperti Marissa Anita, Asmara Abigail, Muhammad Khan, Nazla Thoyib, Neneng Risma, Vania Aurell, Boah Sartika, Anne Yasmine, Toto ST. Radik, Mian Tiara, Ayu Laksmi, dan Sekar Sari.

Related

Film 452293403732832808

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item