Pilih Hidup Sendiri dengan Tidak Menikah, Ini Alasan Anak Ahok


Anak Ahok, Nicholas Sean Purnama, mengunggah sebuah tulisan yang membuat pengikut media sosialnya heboh. Dia menulis jurnal pribadinya yang berjudul Justification of Isolated Living. 

Dalam tulisan itu, ia menarasikan jika hidup individu lebih menyenangkan, dan tidak merepotkan. 

Kondisi yang dia sebut sebagai filosofi Stoik mengambarkan jika ia akan bisa lebih fokus pada suatu bagian yang bisa dikendalikan. 

Sementara menjalin hubungan atau menikah bukan sesuatu yang bisa dia kendalikan sendiri. 

Menurutnya, dengan menjalin hubungan maka hidup akan menjadi lebih berat. Nicholas mengungkapkan banyak hal yang mesti atau harus diurus jika berhubungan dengan orang lain. 

Dia pun mengungkapkan lebih mampu mengendalikan hidupnya sendiri, dan jika menikah maka dia harus mengurus orang lain dan keluarga yang cenderung tidak bisa dikendalikannya secara pribadi. 

Nicholas Sean menegaskan jika pilihannya saat ini bukan berdasarkan trauma atau emosi di masa lalu. 

Dia percaya indivualisme bukan hal yang buruk, karena manusia bisa beradaptasi. 

Unggahan ini pun dikomentari pengikutnya. Seorang netizen mendukung pilihan Sean Purnama.  Dia menyarankan kepada anak muda agar menikah jika sudah siap secara mental, materi dan moril. 

"Anak2 pun sudah dewasa dan mreka blm memutuskan utk mnikah,karna saya nasehati mreka ,jangan mnikah karna takut di blg ga laku atau takut di nyinyirin org lain, menikahlah jika kalian sudah siap scara mental,materi ,moril," tulis made_ekayantie. 

Related

News 2803947872596686599

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item