Sejarah MTV dan Asal Usul Istilah Video Jockey


Naviri Magazine - MTV adalah singkatan Music Television. Sebagaimana namanya, stasiun MTV muncul pertama kali dengan hanya menyuguhkan musik, tanpa acara lain. Bisa dibilang, MTV adalah radio, namun dalam bentuk visual. Dari situ pula, lalu lahir istilah VJ atau Video Jockey, berbeda dengan penyiar radio yang biasa disebut DJ atau Disc Jickey.

VJ ialah istilah yang diciptakan tim perancang stasiun televisi MTV. Pada 1 Agustus 1981, MTV pertama kali mengudara di New York, Amerika Serikat, sebagai stasiun televisi yang fokus menyiarkan video musik selama 24 jam. 

Pada masa itu, format MTV merupakan kebaruan, karena konsep video klip belum jamak di kalangan penyanyi, dan belum ada acara yang dikemas seperti bentuk visual dari siaran radio. Acara MTV ditayangkan pada saluran TV kabel. Pada penayangan perdana itu pula, istilah VJ muncul pertama kali di depan publik.

Ide VJ muncul dari Bob Pittman, konseptor MTV. Dalam I Want My M TV: The Unsencored Story of The Music Video Revolution (2011) pada bab “What’s a VJ?”, Craig Marks dan Rob Tannembaum mengisahkan bahwa Pittman ingin acara musik dibawakan beberapa pria dan wanita dengan karakter berbeda. 

Ia ingin ada sosok yang tampilannya serupa gadis manis dan baik-baik, gadis tomboi berdandan rock & roll, pria yang terlihat bukan berasal dari Amerika, dan sosok kulit hitam.

Audisi dibuka satu bulan sebelum MTV diresmikan. Nina Blackwood ialah wanita pertama yang direkrut jadi VJ. Pittman tidak mencari sosok presenter profesional. Ia menyeleksi orang-orang dengan beragam karakter, mulai dari yang nyeleneh sampai yang kaku. 

Blackwood mengirim foto yang telah ia coret-coret pada bagian rambut. “Saya ingin tampilan saya di foto terkesan sebagai anak punk,” katanya dalam VJ: The Unplugged Adventures of MTV’s First Wave (2013). 

Selain Blackwood, ada Alan Hunter, Mark Goodman, Martha Quinn, dan John Jackson (JJ). Di antara mereka hanya JJ yang punya pengalaman di ranah penyiaran. Ia punya pembawaan supel dan punya kenalan selebritas. VJ lain bahkan sulit memperkenalkan diri, dan tak punya koneksi ke beberapa penyanyi.

Hal yang kemudian terjadi dengan komposisi VJ seperti ini ialah kesalahan penyebutan nama penyanyi dan judul lagu. 

Pittman mengungkap bahwa episode pertama MTV kacau balau. Beberapa video klip yang ditayangkan pada hari itu ialah "Video Killed the Radio Star" (The Buggles), "She Won’t Dance with Me" (Rod Stewart), "You Better You Bet" (The Who), "Take It on the Run" (REO Speedwagon), dan "Rockin’ the Paradise" (Styx).

Kesalahan pada hari pertama tak serta merta membuat Pittman mengubah formasi VJ. Formasi ini tetap berjalan. Ketidaksempurnaan itu justru dibiarkan tetap terjadi. 

Vanity Fair menyebut bahwa setahun setelah televisi ini mengudara, popularitasnya melonjak cepat. Para VJ mulai dikenal. Tak hanya oleh kalangan menengah ke atas tetapi juga para tunawisma. Penyanyi Elton John bahkan pernah menawarkan diri untuk menjadi VJ tamu. Ini membuat tim MTV merasa bahwa mereka telah melakukan hal yang benar.

Related

Entertaintment 5715892588404849852

Recent

item