Testis Ternyata Punya Reseptor Pengecap, Bisakah Menebak Rasa Makanan?


Sebuah video TikTok yang dibuat oleh pengguna bernama Kelley Lorraine menampilkan bagaimana ia menyuruh suaminya untuk mencelupkan testis ke dalam cairan cokelat. Sebelumnya, sang suami tidak tahu mangkuk itu berisi cairan apa.

Setelah testisnya dimasukkan ke dalam mangkuk, suaminya bertanya, "Apa ini? Cokelat?" Sontak mereka semua tertawa karena jawabannya benar. Video itu telah disukai 1 juta orang dan menimbulkan tren agar orang-orang mencicipi makanan menggunakan testis.

Hal itu sepintas aneh, namun bagaimana sains menjelaskannya?

Ilmuwan nutrisi makanan, Emma Beckett, yang merupakan dosen di University of Newcastle Australia, menjelaskan bahwa testis memang memiliki reseptor rasa. Reseptor ini sama seperti yang ada di lidah.

Namun, reseptor rasa ini terletak di dalam sel dan bukan di permukaan. Artinya reseptor tidak bisa mengenai langsung makanan atau minuman.

"Lebih penting lagi, reseptor yang ada di testis tidak terhubung ke pusat rasa atau korteks gursatory di otak," jelas Emma seperti dikutip dari Inverse.

Alexander Tatem, seorang ahli dari urologi dari Indiana, memberikan penjelasannya mengenai fenomena tren tersebut. "Ini adalah contoh seperti kecap yang dicicipi oleh kulit kita," jelas Tatem.

Dengan demikian, meski testis memiliki reseptor rasa, testis tidak bisa mengecap sebagaimana lidah.

Pada tahun 2020, para peneliti di Universitas Siena Italia melakukan penelitian terhadap sperma dari 15 pasien dan jaringan testis dari 6 pasien. Hasilnya adalah bahwa testis memiliki beberapa reseptor rasa. 

Setelah dikaji lebih jauh, penelitian lain mengungkap bahwa reseptor rasa pada testis berfungsi untuk spermatogenesis yang berarti proses pematangan sperma.

Related

Science 1472354789289812828

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item