Waspadai Penipuan Program Pelunas Utang "Pesugihan Putih"


Modus pelunasan utang dengan metode gaib yang disebarkan di media sosial kembali marak beredar, kali ini muncul dengan nama Program Pesugihan Putih. 

Dalam unggahannya, akun Facebook "Program Cara Bayar Hutang Cepat Lunas" menyebut Program Pesugihan Putih dapat menyelesaikan sejumlah masalah keuangan, mulai dari utang sampai kebutuhan modal. 

"Anda jangan pusing, stress. Anda sudah berada di blog yang sangat tepat yang memberikan Uang Gaib Instan Tanpa Tumbal Untuk solusi tepat problem atau masalah ekonomi anda secara singkat menjadi lebih baik," tulis pesan dalam unggahan. Terdapat tautan yang tersemat di bawah narasi itu. 

Unggahan pertama kali dipublikasikan pada 27 Mei 2023 lalu. Sampai dengan Jumat (7/7/2023), unggahan sudah disebarkan ulang sebanyak 66 kali, dan mendapat impresi suka (likes) setidaknya 3.700 kali. Lantas, bagaimana kebenaran dari layanan yang ditawarkan? 

Penelusuran Fakta coba mengakses tautan yang ada di unggahan dengan cara mengkliknya. Kemudian diarahkan ke sebuah laman wordpress, layanan yang biasa digunakan untuk membuat blog pribadi. Laman seperti ini dapat dibuat oleh siapa saja, layaknya sebuah akun media sosial. 

Dalam laman itu, terdapat informasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan yang ada di unggahan Facebook. Dituliskan, untuk bisa mengikuti Program Pesugihan Putih, pengakses akan diminta sejumlah data pribadi, seperti nama, alamat, usia, perkerjaan, sampai nomor rekening. 

Pengakses kemudian diarahkan untuk berkonsultasi dengan Kyai.H.Abdul Rezky, nomor kontaknya tercantum di laman tersebut. 

Mengutip informasi dari laman itu, Program Pesugihan Putih menjanjikan dana akan masuk ke rekening pribadi pengguna dalam kurun waktu 1x24 jam. Disebutkan, ada sejumlah dana yang perlu dikirimkan sebagai "mahar" untuk biaya operasional dan sumbangan tali kasih bagi kelompok yang membutuhkan. 

Jumlah dana yang perlu dibayarkan sebagai "mahar" antara Rp300 ribu sampai Rp5 juta, sementara dana yang dijanjikan berkisar Rp100 juta—Rp10 miliar. Tidak ada informasi mengenai pengalokasian dana atau bentuk operasi untuk menghasilkan uang. 

Di bagian akhir laman, terdapat testimoni para "pasien" yang diklaim sudah berhasil dibantu oleh Program Pesugihan Putih. Namun, hasil penelusuran menggunakan metode reverse search image, didapatkan kalau sejumlah foto orang yang memberi testimoni digunakan juga di situs lain, dengan modus serupa, tetapi nama dan isi testimoninya berbeda.  

Pencarian informasi mengenai nama Kyai.H.Abdul Rezky dan pesugihan putih hanya menunjukkan beberapa laman wordpress ataupun blogpost yang bisa dibuat oleh siapa saja tanpa biaya. 

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengimbau masyarakat untuk tidak sembarangan memberi foto dan nomor KTP lantaran bisa menjadi celah membobol akun rekening bank. Modus pelunasan utang dengan uang gaib ini pun sebenarnya telah ada dalam beberapa tahun belakangan. 

Pada 2021, Kompas.com telah merangkum sebuah kasus dengan modus serupa yang berakhir sebagai tindak pidana penipuan. Detik.com juga sempat mengutip Ketua Satgas Investasi yang menyebut modus seperti ini adalah penipuan. 

Related

News 9065021915330224241

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item