Ini 5 Makanan/Minuman yang Bisa Membantu Membangkitkan Konsentrasi


Naviri Magazine - Rasa bosan, atau kelelahan, biasanya menjadi penyebab turunnya tingkat konsentrasi. Rasa bosan atau lelah biasa terjadi pada semua orang, dan bisa terjadi kapan saja. Namun, hal semacam itu kadang menjadi masalah ketika kita masih harus mengerjakan banyak tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Dalam upaya menjaga tingkat konsentrasi agar kinerja tidak menurun, banyak orang yang mengonsumsi minuman berkafein semacam kopi atau minuman berenergi. Namun, sering kali kandungan diuretik dan kafein dalam minuman semacam itu akan memicu tubuh dehidrasi. Padahal, dehidrasi juga merupakan penyebab menurunnya daya konsentrasi.

Lalu bagaimana solusinya? Ada makanan dan minuman lain yang lebih baik, yang bisa kita pilih jika ingin menjaga konsentrasi di tengah pekerjaan yang sedang menumpuk. Berikut ini di antaranya.

Air putih

Daripada meminum kopi atau minuman berenergi, air putih jauh lebih baik dan lebih sehat. Haus dan dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, yang berakibat menurunnya konsentrasi. Meminum segelas air putih dapat mengembalikan daya konsentrasi. Karenanya, kita perlu memperhatikan agar cukup minum setiap hari, setidaknya dua liter air.

Teh hijau

Jika air putih dianggap kurang menarik, kita bisa memilih teh hijau. Mengonsumsi secangkir teh hijau dapat membantu meningkatkan konsentrasi, selain lebih baik dibandingkan kopi atau minuman berenergi. 

Konsumsi kopi yang terlalu banyak dapat menyebabkan sakit kepala, yang bisa berdampak buruk pada konsentrasi. Sementara teh hijau mengandung kafein yang lebih sedikit, sehingga lebih aman.

Cokelat hitam

Selain air putih dan teh hijau, cokelat hitam juga bisa dipilih untuk mengatasi konsentrasi yang menurun. Cokelat hitam bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman. Cokelat hitam memiliki kemampuan dalam hal meningkatkan kadar serotonin dan endorfin, yang berkaitan dengan konsentrasi yang lebih baik. 

Natalie Stephens, pakar diet di Ohio State University Wexner Medical Center, mengatakan bahwa cokelat hitam juga merupakan sumber antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik.

Bluberi

Mengonsumsi buah bluberi tidak hanya membantu meningkatkan konsentrasi, namun juga dapat meningkatkan kemampuan memori seseorang. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyatakan bahwa orang yang minum jus bluberi setiap hari dalam dua bulan mengalami peningkatan kemampuan belajar dan mengingat yang signifikan.

Buah bit

Buah bit mengandung nitrat yang memperluas pembuluh darah, serta memperbaiki aliran darah dan oksigen ke otak. Hal itu kemudian memperbaiki kemampuan otak. Karenanya, umbi berwarna merah tua ini dapat membuat daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan kognitif secara keseluruhan menjadi lebih baik. 

Related

Health 1757155410182200795

Recent

item