Ini 7 Makanan yang Bisa Mengusir Bad Mood, agar Hati Kembali Cerita


Naviri Magazine - Bad mood adalah kondisi ketika pikiran kita merasa terganggu, sehingga tidak bisa berpikir dengan baik, bahkan kadang tidak bisa menjalani aktivitas dan rutinitas dengan baik. 

Bad mood bisa menyerang siapa saja, dengan beragam penyebab dan berbagai akibat. Sebagian orang yang mengalami bad mood kadang jadi suka malas-malasan, sementara sebagian yang lain jadi banyak makan.

Kini, Anda bisa mengusir bad mood dengan makanan-makanan yang berfungsi menyingkirkan perasaan tidak menyenangkan itu dari diri Anda. Saat bad mood menyerang, cobalah pilih makanan berikut ini, dan pikiran Anda pun segar kembali.

Cokelat hitam

Cokelat adalah makanan terkenal, sekaligus kegemaran banyak orang. Ketika Anda sedang mengalami bad mood, cokelat hitam mampu membantu mengusirnya, karena makanan ini dapat mengurangi hormon catecholamines dan hormon kortisol (penyebab stres), mengurangi rasa cemas, serta membuat Anda bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bayam

Kandungan homocysteine yang tinggi dalam tubuh dapat mengganggu kerja pembuluh darah dalam menyuplai darah dan nutrisi ke otak, sehingga otak tidak bisa merespons perintah dengan cepat, lambat berpikir, dan susah konsentrasi. 

Kondisi itu menyebabkan bad mood. Bayam mengandung asam folat, dan zat tersebut dapat menurunkan kadar homocysteine dalam tubuh. Selain bayam, asam folat juga terdapat dalam kentang, jamur, dan kacang-kacangan.

Apel dengan selai kacang

Perilaku rewel pada anak sering kali menandakan ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuhnya. Hal tak jauh beda juga terjadi pada orang dewasa—meski bentuk “rewelnya” berbeda. Untuk mengatasi masalah semacam itu, Anda bisa mengonsumsi apel bersama selai kacang. Kombinasi karbohidrat, protein, dan lemak yang sehat tersebut dapat meningkatkan energi Anda dalam jangka waktu yang lama.

Burger ikan salmon

Menikmati burger ikan salmon bisa membantu Anda mengatasi bad mood dan mengurangi kecemasan. Hal itu dimungkinkan karena kandungan omega-3 yang terdapat dalam salmon.

Teh hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat dalam menunjang kesehatan tubuh, termasuk dalam mengatasi bad mood. Karenanya, saat Anda merasa bad mood hingga mudah marah atau semacamnya, Anda bisa mengonsumsi teh hijau. Kandungan theanine dalam teh hijau dapat membantu menenangkan pikiran Anda.

Sereal dengan susu

Sereal dan susu adalah kombinasi yang baik untuk menu sarapan. Anda bisa menggunakan sarapan lezat dan menyehatkan itu untuk mengatasi perasaan sedih, karena kandungan di dalamnya mampu meningkatkan produksi serotonin, yaitu hormon yang dapat membuat perasaan lebih tenang, rileks, dan bahagia.

Sandwich dengan salad telur

Bad mood kadang bisa ditimbulkan oleh masa pra-menstruasi, hingga muncul istilah pre-menstrual syndrome. Menjelang menstruasi, tubuh wanita membutuhkan banyak karbohidrat. Karenanya, mengonsumsi sandwich dengan salad telur dapat membantu mencukupi karbohidrat, hormon yang memberikan perasaan tenang, serta tambahan energi untuk beraktivitas.

Related

Health 5219225647279356091

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item