Jakarta, Kota dengan Jaringan Internet Paling Lelet di Asia


Naviri Magazine - Bagi yang tinggal di kota-kota kecil di Indonesia, mungkin membayangkan bahwa kota-kota besar semacam Jakarta memiliki jaringan internet yang lebih cepat. Kenyataannya mungkin memang begitu, karena kota-kota besar di Indonesia memang memiliki infrastruktur internet yang lebih baik. Namun, di antara kota-kota besar lain di Asia, koneksi internet di Jakarta ternyata yang paling lemot.

Berdasarkan survei, Jakarta ternyata kota yang memiliki jaringan 4G paling lelet di antara 12 kota besar di Asia. Hal itu terungkap dari kajian OpenSignal, perusahaan riset pemetaan cakupan teknologi nirkabel yang berbasis di London, Inggris.

OpenSignal melihat 12 kota yang mewakili pusat ekonomi besar dari beberapa regional. Pengambilan data ini, menurut OpenSignal.

Jika Jakarta adalah kota paling lemot, Seoul dan Kota Singapura merupakan dua yang tercepat. Seoul tercepat dalam memberikan akses unduhan (download) yang mencapai 48,3 Mbps (megabita per detik). Sedangkan Singapura memiliki rata-rata kecepatan unduhan mencapai 47,6 Mbps.

Dalam kategori kecepatan unggahan (upload), Singapura lebih cepat ketimbang Seoul. Kecepatan unggahan di kota Singa ini mencapai 15,4 Mbps. Adapun Seoul mencapai 14,8 Mbps. "Keduanya masuk ke dalam daftar kota dengan layanan 4G tercepat di dunia," tulis OpenDigital.

Berada di belakang keduanya, dengan kecepatan 4G rata-rata 25 Mbps, yakni Taipei, Yangoon, Tokyo, dan Ho Chi Minh. Kemudian ada Hongkong, Kuala Lumpur, Manila, dan Bangkok, dengan kecepatan jaringan 4G mencapai 16,9 Mbps.

Related

Internet 7589186111831035964

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item