Mengenal Astronomi, Ilmu yang Mempelajari Benda-benda Langit


Naviri Magazine - Astronomi adalah cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit seperti bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi, serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik atau radiasi CMB). 

Secara pokok, astronomi mempelajari berbagai sisi benda-benda langit, seperti asal-usul, sifat fisika/kimia, meteorologi, serta gerak, dan bagaimana pengetahuan mengenai benda-benda tersebut menjelaskan pembentukan dan perkembangan alam semesta.

Istilah “astronomi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “astron” yang berarti “bintang”, dan “nomos” yang berarti “hukum” atau “budaya”.

Astronomi merupakan salah satu ilmu pengetahuan tertua di dunia. Berdasarkan artefak-artefak dari masa prasejarah, kita menemukan monumen-monumen dari Mesir dan Nubia, atau Stonehenge di Britania, yang diperkirakan digunakan sebagai alat yang berhubungan dengan aktivitas pengamatan benda-benda langit. 

Astronomi di zaman kita mengalami kemajuan pesat setelah ditemukannya alat tersebut.

Related

Science 3241199741770620932

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item