Ternyata, Domba Mampu Mengenali Wajah Manusia


Naviri Magazine - Mungkin ada di antara kita yang bertanya-tanya, apakah hewan semacam domba mampu mengenali wajah manusia? Berdasarkan penelitian, jawabannya ya. 

Domba bisa mengenali wajah manusia, namun terbatas pada wajah manusia yang biasa dilihatnya. Dalam arti, jika seseorang menghabiskan waktu dengan domba, maka domba bersangkutan akan dapat mengenali wajah orang tersebut, bahkan ketika melihat fotonya.

Belakangan, kenyataan tersebut membuka cakrawala para peneliti terkait upaya menemukan obat atau solusi bagi penyakit Huntington.

Mulanya, para peneliti di Universitas Cambridge menunjukkan beberapa foto hitam putih dari empat orang terkenal. Ada Barack Obama, aktris Emma Watson, jurnalis televisi Fiona Bruce, dan aktor Jake Gyllenhaal. Meski berulang kali diperlihatkan beragam foto dari berbagai sudut pandang, domba-domba kesulitan menghafal keempatnya.

Respons domba sangat berbeda ketika ditunjukkan foto Jenny Morton, peneliti utama yang sudah cukup lama mengurus domba-domba tersebut. Binatang ini terlihat lebih akrab dan sudah mengenalinya.

Lantas, apa gunanya hasil penelitian itu? Dilaporkan Washington Post, domba merupakan hewan yang rumit sistem otaknya. Bagaimana cara mereka berpikir dan mengenali wajah seseorang, itu masih misteri. Tapi dengan mempelajari fenomena tersebut secara intens, periset medis berpeluang lebih memahami penyakit Huntington yang langka dan juga misterius.

Sejauh ini belum ada obat untuk penyakit Huntington, kelainan neurologis yang mengganggu kemampuan manusia dalam berpikir dan bergerak. Membuat penderitanya memiliki kesulitan mengenali wajah.

Horton yakin, jika suatu hari nanti penelitiannya sudah mengetahui pasti cara kerja otak domba, maka saat itulah penderita Huntington bisa mulai optimis akan peluang kesembuhan. 

Related

Science 1485612176909520757

Recent

item