10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet


Mengecilkan perut buncit tidak melulu soal diet dan olahraga. Sebab fokus perut buncit ada pada penumpukan lemak di perut. Untuk itu, hal yang harus disingkirkan adalah lemak-lemak tersebut. 

Namun, kebanyakan orang ingin melakukan cara mengecilkan perut tanpa olahraga. Padahal, olahraga menjadi salah satu penunjang agar kalori di dalam tubuh dapat terbakar lebih cepat. Pertanyaannya, apakah ada cara mengecilkan perut yang buncit tanpa harus melakukan olahraga?

Berikut cara yang kami rangkum agar bisa membantu mengecilkan perut dengan efektif tanpa harus olahraga. 

1. Tidak Melewatkan Waktu Sarapan

Sebagian orang menganggap jika ingin memiliki perut yang rata maka kita harus mengurangi asupan makanan. Hal tersebut memang benar adanya, namun mengurangi porsi makanan bukan berarti membuat pola makan menjadi berantakan.

Justru, cara mengecilkan perut pertama adalah dengan tetap memiliki waktu sarapan yang teratur. Karena selain alasan kesehatan, sarapan bisa membantu tubuh untuk mengontrol porsi makan siang agar tidak berlebihan. Namun, perlu diingat, saat sarapan sebaiknya Anda tidak mengonsumsi lemak jenuh.

2. Minum Air Mineral yang Cukup dan Teratur

Minum air mineral dapat membantu Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit sehingga mampu membantu menurunkan berat badan, terutama jika Anda meminum air mineral sebelum makan. 

Sebuah studi pada orang dewasa mengemukakan bahwa minum setengah liter air sekitar 30 menit sebelum makan bisa bantu mengurangi rasa lapar dan asupan kalori. Pada penelitian tersebut, peserta yang meminum air mineral sebelum makan bisa menurunkan 44 persen lebih banyak berat badan dalam periode 12 minggu dibandingkan mereka yang tidak menerapkan cara mengecilkan perut ini.

3. Mengonsumsi Kandungan Protein Lebih Banyak

Kandungan protein pada makanan memiliki efek kuat untuk meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu Anda untuk makan lebih sedikit kalori. Ini bisa jadi dikarenakan protein mengandung hormon yang berperan pada rasa lapar dan kenyang. Hormon tersebut termasuk ghrelin dan GLP-1. 

Jadi, jika Anda terlalu banyak makan makanan yang tinggi kalori berisi lemak jenuh, lebih baik pertimbangkan untuk beralih ke makanan yang kaya akan kandungan proteinnya.

4. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat larut juga menjadi salah satu cara mengecilkan perut secara efektif. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi mampu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah Anda untuk makan dengan porsi berlebihan. 

Kandungan serat larut akan berubah menjadi gel saat bersentuhan dengan air. Gel tersebut dapat meningkatkan waktu penyerapan nutrisi dan mampu memperlambat pengosongan perut.

5. Mengurangi Asupan Sodium

Mengonsumsi makanan asin dan gurih memang memberikan rasa nikmat tersendiri. Namun, ternyata kandungan garam yang ada di makanan asin dan gurih tersebut mampu mengikat atau menahan air di dalam tubuh. 

Sehingga, jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan bersodium tinggi, tentu akan berpengaruh pada kenaikan berat badan tubuh. Cara mengecilkan perut bisa dibantu dengan mengurangi asupan makanan yang bersodium tinggi.

6. Hindari Minuman Tinggi Gula

Mengonsumsi minuman manis dengan tambahan gula tentu wajib dihindari jika Anda ingin mengecilkan perut. Minuman atau makanan dengan kandungan gula tinggi mampu membuat peningkatan lemak pada perut.

7. Tidur Cukup dan Teratur

Sering kali orag mengabaikan waktu tidur yang cukup. Padahal waktu istirahat yang cukup memiliki efek kuat untuk menurunkan berat badan dan menahan nafsu makan. Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan pada hormon pengatur nafsu makan leptin dan ghrelin. 

Karena itu, Anda harus memiliki waktu istirahat yang cukup (8 jam untuk orang dewasa), agar tubuh tetap sehat dan mampu mencerna kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan baik.

8. Menghindari Stres

Tidak jarang stres memunculkan masalah gangguan psikologis seperti eating disorder. Gangguan ini menyebabkan Anda mengonsumsi makanan dengan porsi yang besar pada waktu yang spesifik, makan tak terkontrol, tetap makan ketika kenyang hingga menyebabkan kekenyangan berlebihan. 

Ketika stres, hormon kortisol akan meningkat. Di mana hormon ini berfluktuasi untuk meningkatkan rasa lapar dan keinginan akan makanan yang tidak sehat. Cenderung mengarah ke asupan kalori yang berlebih.

9. Makan Menggunakan Piring Kecil

Makan dengan menggunakan piring kecil mampu membantu Anda untuk merasa cukup ketika makan pada porsi yang pas. Secara tidak sadar, Anda menganggap bahwa makanan yang ada di piring kecil tersebut terlihat lebih banyak dibandingkan jika menggunakan piring besar. 

Secara tidak langsung, makan menggunakan piring kecil ini menjadi faktor pendukung untuk bantu meratakan perut buncit.

10. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Perlu diketahui bahwa otak kita membutuhkan waktu untuk memproses informasi bahwa kita sudah cukup makan. Dengan mengunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh dapat membuat Anda makan lebih lambat. Hal ini mampu menurunkan asupan makanan. 

Selain itu, dengan cara ini Anda bisa meningkatkan rasa kenyang dan membuat porsi makan lebih sedikit. Bahkan seberapa cepat Anda selesai makan juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi berat badan.

Related

Health 5579506791545335374

Recent

item