Memahami Penyebab Kita Merasa Insecure, dan Cara Mengatasinya


Perasaan insecure wajar dialami oleh siapa saja. Akan tetapi, jika terus dibiarkan, insecure bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Oleh karena itu, penting untuk mengenali cara-cara mengatasi insecure.

Apa Itu Insecure?

Insecure adalah perasaan tidak mampu atau tidak cukup baik yang dapat menyebabkan kecemasan terhadap tujuan, hubungan, atau kemampuan seseorang untuk menangani situasi tertentu.

Setiap orang dapat mengalami insecure dari waktu ke waktu. Penyebabnya mungkin berbeda-beda, mulai dari peristiwa traumatis, pola pengalaman sebelumnya, pengkondisian sosial (dari mengamati orang lain), hingga lingkungan lokal seperti sekolah, tempat kerja, atau rumah.

Insecure juga bisa diakibatkan oleh ketidakstabilan umum. Orang yang mengalami gangguan tak terduga dalam kehidupan sehari-hari cenderung merasa insecure tentang sumber daya dan rutinitasnya.

Insecure tidak memiliki penyebab eksternal yang pasti. Perasaan ini bisa muncul sebagai kekhasan kepribadian atau kimia otak.

Cara Mengatasi Perasaan Insecure

Berikut adalah 5 cara mengatasi perasaan insecure yang dilansir dari laman Everyday Health:

Anggap itu indah

Insecure pada dasarnya merupakan kerendahan hati. Sementara kesombongan dianggap sebagai asal mula dosa, kerendahan hati justru menjadi kebajikan spiritual terbesar.

“Jika kamu tidak pernah takut atau malu atau terluka, itu berarti kamu tidak pernah mengambil risiko,"kata Julia Sorel.

Membuat catatan self-esteem

Ketika seseorang melontarkan pujian, catatlah pujian tersebut. Misalnya, seseorang berkata, “Aku suka sepatumu.” Maka buatlah catatan yang berbunyi, “Saya memiliki selera sepatu yang bagus.” Catatan self esteem ini dapat membantu menyelamatkan kita dari perasaan membenci diri sendiri.

Hindari orang-orang yang membuat anda merasa insecure

Selama merasa insecure, melindungi diri sendiri harus dijadikan prioritas pertama. Oleh karena itu, sebaiknya hindari orang-orang yang membuat anda merasa tidak nyaman atau rendah diri.

Dekati orang-orang baik

Untuk mengatasi insecure, dekatilah orang-orang yang baik. Mereka akan mengingatkan kita mengenai apa yang baik dan unik tentang diri kita. Dengan demikian, kita juga bisa mengubah pandangan terhadap diri sendiri.

Memahami bahwa perasaan ini tidak terlihat

Meyakini bahwa orang lain mungkin menyadari bahwa kita insecure justru akan membuat kita merasa semakin insecure. Kenyataannya, tidak ada yang bisa melihat bahwa kita merasa insecure. Mereka terlalu khawatir tentang perasaan insecure diri mereka sendiri.

Itulah kelima cara untuk mengatasi perasaan insecure. Meskipun tidak mudah dilakukan, namun hasilnya akan sepadan.

Related

Psychology 1113985241935946180

Recent

Hot in week

item