Rahasia Perkawinan Langgeng dari Pasangan Tertua di Dunia


Naviri Magazine - Bagaimana cara berenang dengan baik? Kita bisa menanyakannya pada atlet renang, atau pada orang yang telah terbiasa berenang bertahun-tahun. Dengan pengalaman yang mereka miliki, kita bisa mendapat pelajaran dari mereka mengenai apa yang harus dilakukan, juga bagaimana cara menjadi perenang yang baik seperti mereka. Begitu pula dengan perkawinan.

Jika ingin tahu cara menjaga dan merawat perkawinan agar langgeng, kita bisa menanyakannya pada pasangan yang telah menikah puluhan tahun, yang tetap mampu melanggengkan perkawinannya hingga kini. Saat ini, pasangan tertua di dunia yang telah dikukuhkan oleh Guinnes World of Record adalah pasangan dari Jepang.

Masao Matsumoto (108 tahun) dan istrinya, Miyako (100 tahun), dipastikan sebagai pasangan suami istri tertua di dunia.

Miyako mengatakan, kebersamaan mereka karena kesabarannya. Ia mengatakan, "Saya selalu percaya akan ada saat yang lebih baik, jadi saya terus bertahan."

Sementara suaminya, Masao, tak berkomentar. Putri mereka, Hiromi, mendukung pandangan ibunya, dan mengatakan ayahnya cukup keras.

Pasangan tertua ini memiliki lima putri, dan bulan lalu mereka memiliki cicit yang ke dua puluh lima. Guiness World Records memastikan pasangan suami istri tertua ini akan tercatat di buku sejarah mereka.

'Kesabaran saya'

"Saya senang sekali. Dan ini terjadi karena kesabaran saya," kata Miyako sambil tertawa dan berpose bersama Masao dan anggota keluarganya, di depan sertifikat yang diberi pigura. Mereka tinggal di panti jompo.

"Saya sangat bersyukur, dan membuat saya menangis karena terharu," katanya lagi kepada kantor berita Reuters.

Pasangan ini tidak sempat menyelenggarakan pesta pernikahan karena perang, dan Masao dikirim ke luar negeri sebagai tentara.

"Mereka memasuki babak terakhir dalam hidup mereka. Sangat membanggakan mereka bisa menerima penghargaan ini. Semoga mereka tetap hidup dengan damai," kata putri mereka, Hiromi.

Tingkat harapan hidup di Jepang termasuk yang paling lama di dunia. Menurut data dari kementerian kesehatan Jepang, harapan hidup orang Jepang mencapai 84 tahun, nomor dua terlama di dunia setelah Hong Kong.

Rekor pasangan tertua sebelumnya adalah Karl and Gurdren Dolven dari Norwegia, dengan kombinasi umur mereka mencapai 210 tahun, satu bulan dan 34 hari, saat Gurdren meninggal pada 2004, menurut Guiness World Records.

Related

Relationship 3052073926387755118

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item