Menguak Bisnis Pembuatan Cheat PUBG Bernilai Triliunan Rupiah


Software untuk melakukan kecurangan (cheat) di game online populer seperti PUBG di China ternyata memiliki nilai bisnis fantastis hingga US$293 juta atau sekitar Rp4,3 triliun.

Nilai bisnis ini dilaporkan oleh Tencent yang mengembangkan gim PUBG dan Call of Duty: Mobile. Software cheat atau cheatware bisa membuat pengguna bisa berbuat curang di gim.

Salah satu cheat yang paling populer adalah auto-aiming yang mampu membantu pemain melihat musuh di balik sebuah ojek dan secara otomatis mengunci bidikan ke musuh. Cheat populer lainnya bisa membuat pemain terbang atau menembus dinding.

Besarnya pasar cheatware China merupakan bukti meningkatnya permintaan. Peningkatan ini terjadi meski ada upaya industri internet untuk menghilangkan akses komersial ke cheatware hingga tindakan otoritas China terhadap pembuat cheatware.

Sudah sejak lama Otoritas China melakukan penindakan terhadap penjualan cheatware. Tahun lalu, China meluncurkan kampanye Sword Net yang menargetkan pembuat cheatware.

Pada Juni tahun silam, polisi menggerebek operasi cheatware di Taizhou, Jiangsu yang menghasilkan pendapatan 20 juta yuan atau sekitar Rp43,5 miliar setelah hampir dua tahun beroperasi.

Namun, pasar cheat dan peretasan video game di China terus berkembang pesat. Judul-judul populer yang dimanfaatkan oleh pembuat cheatware untuk menarik banyak pemain termasuk League of Legends, Apex Legends, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), dan Peacekeeper Elite.

Pembuat cheat memanfaatkan fungsi chat untuk mengiklankan cheatware. Dalam pemasarannya, pembuat cheat menggunakan bahasa yang lebih halus atau eufemisme agar cheatware tak diblokir di situs e-commerce.

Harga cheatware dibanderol dari US$ 450 atau sekitar Rp681 ribu hingga kurang dari US$ 1 atau sekitar Rp15 ribu.

Raksasa internet Tencent telah membantu otoritas China menangani 22 kasus cheatware yang melibatkan operasi dengan total penjualan hampir 260 juta yuan atau sekitar Rp575,9 miliar.

Related

International 7799520521367747425

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item