Ini 11 Makanan yang Sangat Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata


Naviri Magazine - Sebagai salah satu panca indra, mata sangat penting bagi kita, karena melalui mata kita bisa melihat. Sayangnya, kesehatan dan performa mata bisa menurun karena berbagai hal, dari pengaruh usia, masalah seperti katarak, sampai kerusakan mata yang disebabkan seringnya menatap layar komputer atau televisi. 

Untungnya, bumi yang kita tinggali menyediakan makanan-makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata kita. Dalam upaya menjaga kesehatan mata agar selalu prima, kita perlu mengenali dan membiasakan diri mengonsumsi makanan-makanan terbaik untuk mata berikut ini.

Telur

Telur mengandung sumber nutrisi yang baik untuk mata, seperti vitamin A, zinc, lutein, B12, vitamin D, dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam putih telur merupakan antioksidan terbaik dalam mencegah degenerasi makular dan katarak.

Mengonsumsi satu atau dua butir telur setiap hari dapat bermanfaat bagi lensa mata kita, serta mencegah penurunan fungsi mata akibat usia. 

Sayuran hijau

Sama seperti telur, bayam juga mengandung lutein dan zeaxanthin, sementara kandungan vitamin C yang dimilikinya juga mampu mencegah glaukoma. Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, dan sawi, terkenal khasiatnya dalam mencegah masalah penglihatan. Sayuran-sayuran hijau mengandung banyak vitamin A, B12, C, dan kalsium. 

Mengonsumsi sayuran hijau setiap hari tidak hanya membantu kesehatan tubuh, tapi juga menunjang performa mata kita. Sebaiknya, konsumsi sayuran dalam keadaan tidak terlalu matang, agar kandungan vitamin di dalamnya tidak hilang.

Bawang putih

Bawang putih mampu melindungi lensa mata dari serangan katarak. Bawang putih mengandung selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione, yang berfungsi melindungi lensa mata terhadap radikal bebas seperti sinar UV. 

Selain untuk kesehatan mata, bawang putih juga memiliki berbagai manfaat lainnya, semisal dapat menurunkan kolesterol, mempertahankan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan aliran darah. Bawang putih juga dapat menjaga sirkulasi darah sehingga memperkuat sel-sel optik dan daya tahan tubuh.

Ikan

Ikan salmon mengandung omega-3 lebih banyak dibanding jenis ikan dan makanan laut lainnya. Studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi asam lemak omega-3 akan terhindar dari gangguan mata kering.

Selain salmon, ikan tuna dan kod juga mengandung asam lemak dan omega-3 yang dibutuhkan oleh retina. Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, omega-3 juga mampu meningkatkan kemampuan otak. Jika Anda kebetulan bukan penggemar ikan, Anda dapat menggantinya dengan pil minyak ikan untuk mendapat manfaat yang sama.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung selenium, vitamin E, dan zinc, yang mampu mencegah penyakit katarak dan degenerasi makular yang disebabkan oleh penuaan. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung vitamin B2 yang dapat mengatasi masalah photophobia (sensitivitas mata terhadap cahaya).

Kacang-kacangan

Almond, kacang mete, dan kacang tanah, juga mengandung omega-3 seperti pada ikan. Meskipun omega-3 yang terkandung dalam kacang-kacangan tidak sebanyak pada ikan, namun dapat mencegah mata dari kekeringan dan penyakit mata.

Wortel

Sudah sejak lama terkenal sebagai makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan mata, wortel mengandung betakaroten yang baik untuk retina dan melindungi kerusakan mata akibat sinar matahari. 

Betakaroten dalam wortel akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang berperan penting untuk kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, wortel juga membantu tubuh melepaskan radikal bebas.

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lutein paling banyak dibanding buah lainnya. Lutein penting dalam mencegah degenerasi makular dan katarak. Alpukat berperan pula sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan betakaroten untuk membentuk vitamin A, sehingga mampu diserap tubuh dengan baik.

Tomat

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, tomat juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan mata. Tomat mengandung vitamin A, vitamin C, dan lycopene, tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata.

Kol

Sayuran satu ini baik untuk merawat mata karena kandungan nutrisinya sama seperti bayam, yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi itu berfungsi sebagai pelindung mata terhadap pancaran sinar ultraviolet. Selain itu, rutin mengonsumsi kol juga terbukti dapat menurunkan risiko terkena katarak hingga 22 persen.

Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate dapat meningkatkan ketajaman penglihatan, karena mengandung flavonoid yang melindungi pembuluh darah pada mata, sehingga secara otomatis memperkuat kornea dan retina. Jika pembuluh darah mata kuat, maka kornea dan lensa mata juga akan terjaga performanya.

Related

Health 6250096666415934112

Recent

item